Dirgahayu

Semua Tergantung Hasnur, Ibnu Sina-Hj Karmila Batal Mencalon Walikota?

POSISI anggota DPR RI asal Partai Golkar, Hasnuryadi Sulaiman sangat menentukan peta politik Banjarmasin jelang pemilihan walikota-wakil walikota pada suksesi 2020 mendatang. Jika putra tokoh Banua, almarhum H Abdussamad Sulaiman HB, maju mencalon Walikota Banjarmasin, dipastikan konstelasi politik bakal berubah.

SEKRETARIS DPD Partai Golkar Kota Banjarmasin Matnor Ali F mengakui kans Hasnuryadi untuk maju berlaga dalam suksesi 2020, sangat terbuka. Ini karena, Golkar pasti akan mendorong kader potensial untuk membidik kursi DA 1 A di Balai Kota Banjarmasin.

“Ya, jika Hasnuryadi Sulaiman positif maju, memang ada kecenderungan Walikota Ibnu Sina akan batal bertarung untuk periode kedua. Begitupula, putri Ketua DPW PAN Kalsel H Muhidin, yakni Hj Karmila bakal mengurungkan diri,” kata Matnor Ali kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Rabu (31/7/2019).

BACA : Hasnur-Ananda Berduet, Pilwali Banjarmasin Ajang Eksistensi Generasi Muda

Menurut dia, peta politik Banjarmasin akan berubah drastis, karena sejak awal dalam pembicaraan Walikota Ibnu Sina pun memberi kesempatan kepada Hasnuryadi untuk maju di Piwali 2020 mendatang.

“Kami juga memprediksi jika Hj Karmila Muhidin juga batal maju, dan konsentrasi untuk menjadi anggota DPRD Kalsel karena merupakan caleg terpilih,” papar Matnor.

Dengan peluang besar itu, Matnor mengatakan kini bolanya tinggal di tangan Hasnur-sapaan akrab politisi muda beringin untuk maju atau tidak dalam laga Pilwali Banjarmasin.

“Bahkan, Paman Birin (sapaan akrab Ketua DPD Partai Golkar Kalsel, Sahbirin Noor) juga sebenarnya mendorong agar Hasnur maju jadi calon walikota. Jadi, tinggal menentukan siapa yang akan jadi pendampingnya,” ucap Matnor.

BACA JUGA : Membaca Statistik dan Peta Pendukung Sulaiman Umar dan Hasnuryadi

Lantas siapa yang akan jadi pendamping Hasnur? Matnor menyebut Partai Golkar sendiri mendorong agar Ketua DPRD Banjarmasin Hj Ananda mendampingi Hasnur. Menurut dia, jika Hasnur maju maka akan memudahkan sinergitas dengan Partai Golkar Kalsel, karena Paman Birin sendiri hampir dipastikan diusung kembali sebagai calon gubernur.

BACA JUGA : Jika Diusung PAN, Hj Karmila Muhidin Siap Maju Cawali Banjarmasin

Dengan kuatnya kans Hasnur, Matnor hakkul yakin basis massa pendukung Manager PS Barito Putera itu akan mendukung, karena sudah lama dibina anggota DPR RI itu.

“Kalau dikalkulasi secara politik, tentu jika Hj Karmila dan Ibnu Sina bakal batal maju, tentu persaingan memperebutkan DA 1 A, tidak terlalu berat di Banjarmasin,” kata Matnor.

Menurut dia, saat ini, Partai Golkar tengah menjalin komunikasi politik dengan PPP dan Partai Nasdem untuk melengkapi formasi parpol pendukung. Dengan modal 6 kursi Golkar, ditambah satu kursi Nasdem dan dua kursi PPP di DPRD Banjarmasin juga sah menjadi parpol pengusung.

“Kami menghendaki agar PPP dan Nasdem yang mengusung Hasnur. Jadi, Partai Golkar tinggal mengusulkan Hj Ananda sebagai calon wakil walikota. Siapa yang tak kenal dengan Hj Ananda di kota ini. Klop, dan bisa jadi parpol pengusung di Pilwali Banjarmasin,” beber anggota Komisi III DPRD Banjarmasin.

BACA LAGI : Hj Karmila Mulai Unjuk Diri, Ananda : Golkar Sudah Jalin Komunikasi Politik

Matnor pun yakin pengalaman dalam Pilkada 2015, saat Partai Golkar tak bisa mengusung kader sendiri akan dihormati parpol lain, termasuk parpol pengusung Ibnu Sina-Hermansyah.

“Bukan kami mendahului kehendak Tuhan, Hasnur memiliki kans kuat untuk menang mutlak untuk maju di Pilwali Banjarmasin 2020 mendatang. Dengan modal popularitas dan elektabilitas yang dimiliki Hasnur, sangat terbuka peluangnya.Makanya, semua tergantung Hasnur, apakah mau maju atau tidak. Kalau kami jelas berharap yang bersangkutan mencalon walikota,” imbuh Matnor.

BACA LAGI : Muhidin Ingin Duetkan Putrinya Hj Karmila dengan Fajar Desira

Sebelumnya, Ketua DPW PAN Kalsel H Muhidin pun memastikan jika Hasnur positif berlaga dalam pemilihan Walikota Banjarmasin, maka putrinya Hj Karmila yang direncanakan berduet dengan Kepala Bappeda Kalsel Nurul Fajar Desira, bakal batal maju di Pilkada 2020.

“Jika Hasnur atau Yuni (Yuni Noor Abdi Sulaiman, Ketua Umum Kerukunan Keluarga Bakumpai) maju mencalon, maka Hj Karmila, saya pastikan akan batal diusung jadi calon walikota,” kata Muhidin, usai pengarahan dan silaturahmi caleg terpilih PAN se-Kalsel di Hotel Best Western Kindai Banjarmasin, Selasa (30/7/2019).(jejakrekam)

 

Penulis Arpawi
Editor Didi G Sanusi