ACT

Pemimpin Kalimantan Perlu Bermusyawarah

Oleh : Agustin Teras Narang

0 298

SAHABAT Terang yang saya kasihi dan cintai di mana pun berada. Semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa. Amin. Membacatanggapan anda dalam postingan sebelumnya, mengenai harapan agar Presiden Joko Widodo segera memutuskan lokasi baru Ibukot Pemerintahan Republik Indonesia, ada rasa kegembiraan dalam diri saya.

SAYA melihat ada berbagai ragam komentar. Mulai dari menginginkan Ibukota RI berada di Kalimantan Tengah, di Kalimantan Timur, dan sebagainya. Itulah keindahan perbedaan pendapat. Keindahan demokrasi. Tapi, lebih penting dari semuanya adalah bagaimana demokrasi hendaknya membawa manfaat luas bagi kita bersama.

Demikian juga wacana pemindahan Ibukota RI ke Kalimantan, yang disokong oleh Presiden Joko Widodo, pertama-tama harus bermanfaat besar bagi seluruh rakyat Indonesia, masyarakat Kalimantan dan khususnya masyarakat di mana nanti akhirnya pemerintah pusat memutuskan.

BACA : Yakin Ibukota, Pemprov Kalsel Siapkan 70 Ribu Ha Lahan Foresty City

Melihat dinamika yang ada, termasuk kontestasi mengajukan wilayah sebagai calon ibukota, saya berharap bahwa para pemimpin kota, kabupaten dan provinsi di Pulau Kalimantan, alangkah baiknya bersinergi dan tidak saling melemahkan peluang daerah lain untuk terpilih.

Presiden Jokowi sudah memberikan kesempatan pada Kalimantan untuk membentuk sejarah baru republik di masa depan. Saatnya para pemimpin untuk melihat kesempatan ini sebagai momen kenegaraan, yang mesti memberi lebih banyak manfaat bagi rakyat, ketimbang spekulan!.

Akan lebih elok bila para pemimpin kabupaten dan kota, atau setidaknya pemimpin provinsi yang ada di Kalimantan,  menggelar segera musyawarah bersama. Musyawarah itu menyiapkan diri dan gagasan bila akhirnya nanti Kalimantan menjadi wilayah ibukota baru pemerintahan RI.

Di mana pun akhirnya, Presiden Jokowi memutuskan Agustus nanti, provinsi yang terpilih, semua elemen masyarakat terlebih pemimpin di Kalimantan hendaknya bersinergi. Saling mendukung dan memastikan bahwa Pulau Kalimantan yang elok bentang alamnya ini, menjadi daerah yang maju serta terjaga kepentingan ekologisnya demi generasi masa depan kita.

BACA JUGA : Yakin Kalteng Dipilih, Gubernur Sugianto Minta Pusat Segera Putuskan Ibukota

Kita sebagai masyarakat Kalimantan sudah diberi kesempatan. Saatnya kesempatan kita menunjukkan bahwa Kalimantan bersatu menyambut rencana pemindahan ibukota pemerintah RI.

Itu semata-mata demi kepentingan besar seluruh bangsa Indonesia dan masyarakat Kalimantan pada akhirnya. Saya akan selalu berdoa dan mendukung agar cita-cita tersebut dapat terwujud. Amin.(jejakrekam)

Penulis adalah Mantan Gubernur Kalteng periode 2005-2015

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.