Dirgahayu

Firdan Rebut Medali Perak, Kalsel Gusur Jawa Barat di Kejurnas Panjat Tebing VIX

PEREBUTAN medali dari Kejuaraan Nasional (Kejurnas) VIX Panjat Tebing Kelompok Umur di RTH Kijang Mas, Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, makin sengit. Atlet panjat tebing dari 29 provinsi  berupaya menaklukkan dinding yang disediakan panita pelaksana.

HINGGA hari kelima, Kamis (1/8/2019), Kalimantan Selatan berada naik ke posisi ke-6 dalam perolehan medali sementara. Teratas ditempati Jawa Tengah yang mengemas lima medali emas, dan satu perunggu. Menempel Jawa Tengah adalah Jawa Timur dengan satu emas dan empat perak serta perak. Posisi ketiga, ditempati Bali, dengan satu emas dan satu medali perak.

Naiknya peringkat Kalsel, mengalahkan Jawa Barat yang berada di urutan ke-6, terdorong ke peringkat ke-7. Ini berkat sumbangan medali perak yang disumbangkan Firdan, dalam nomor boulder perorangan putra.

BACA : 250 Atlet Panjat Tebing Jajal Kejurnas VIX di RTH Kijang Mas Pelaihari

Sebelumnya, Kamis (31/7/2019) pada kategori speed klasik youth D putri, atlet andalan Kalsel Zaskia Az Zahra berhasil mempersembahkan medali perunggu, membayangi rivalnya Zahwa Raisya Mustika Pangestu (Jawa Barat) merebut perak, dan Rerynta AA (Jawa Tengah) sebagai jawara dengan satu medali emas.

Di kelas lead youth D putri, Zaskia Az Zahara juga menyabet medali perak pada Rabu (30/7/2019) untuk kontingen Kalsel. Persaingan pun makin hangat, karena masing-masing atlet utusan dari Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sumatera Selatan dan Sumatera Barat, memperebutkan medali yang tersisa.

Pengalungan medali kepada atlet andalan Kalsel, Firdan langsung diberikan Ketua KONI Tanah Laut H Iriansyah di Lapangan RTH Kijang Mas, Pelaihari.

BACA JUGA : Masuk Final, Firdan Sabet Medali Perunggu di Kejurnas Panjat Tebing Riau

Sekretaris Panitia Kejurnas Panjat Tebing Kelompok Umur XVI, Abdul ‘Gharoe’ Latif mengungkapkan saat ini memang persaingan antar kontingen berlangsung sangat ketat, terutama dalam tiga kategori lomba, yakni speed world record, lead dan boulder.

“Saat ini, masih ada delapan nomor yang akan dipertandingkan hingga hari kelima. Semoga kontingen Kalsel bisa merebut medali dan menaikkan peringkat dalam perolehan medali di kejurnas ini,” ucap Latif Gharoe kepada jejakrekam.com, Kamis (1/8/2019).

Kabid Pembinaan Prestasi FPTI Kalsel ini mengungkapkan sebagai tuan rumah tentu Kalsel harus bisa berbicara banyak, minimal masuk dalam tiga besar dalam kejurnas kali ini.

“Walaupun, kami tidak membebani para atlet, tapi mereka tentu ingin mempersembahkan terbaik bagi Kalsel dalam kejurnas ini,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi GS