ACT

H Rusli-Hasanuddin Tersingkir, Tiga Nama Calon Ketua DPRD Kalsel Diusulkan

0 2.863

RAPAT pleno Partai Golkar Kalimantan Selatan berlangsung tertutup dan dikabarkan alot di Sekretariat Golkar Kalsel Jalan Lambung Mangkurat, Banjarmasin, Senin (29/7/2019). Hasilnya, tiga nama caleg terpilih DPRD Kalsel periode 2019-2024 dipilih sebagai ketua dewan.

TIGA nama ini pun diluar prediksi banyak kalangan, karena sebelumnya, dua nama sebagai peraih suara terbanyak dalam Pemilu 2019, yakni H Rusli yang juga Ketua DPRD Banjar dan mantan Bupati Barito Kuala (Batola) Hasanuddin Murad, justru tidak masuk dalam bursa calon Ketua DPRD Kalsel periode 2019-2024.

Tiga nama yang merupakan calon petahana di DPRD Kalsel justru dipilih dalam rapat pleno Golkar untuk diusulkan ke DPP Partai Golkar Kalsel. Tiga nama itu adalah Ketua Fraksi Golkar DPRD Kalsel Karlie Hanafi Kalianda, Ketua Harian DPD Partai Golkar Kalsel H Supian HK dan srikadi beringin, Hj Syarifah Rugayah.

BACA : Inginkan H Rusli Ketua DPRD Kalsel, Tokoh Masyarakat Banjar Angkat Bicara

“Rapat pleno Partai Golkar telah menentukan tiga nama untuk diusulkan jadi Ketua DPRD Kalsel. Yakni, Karlie Hanafi Kalianda, H Supian HK dan Syarifah Rugayah,” tutur Ketua DPD Partai Golkar Kalsel, Sahbirin Noor kepada awak media, usai memimpin rapat pleno tertutup.

Menurut dia, tiga caleg terpilih hasil Pemilu 2019 berasal dari tiga daerah pemilihan (dapil) berbeda. Yakni, Karlie mewakili dapil Kalsel 3 (Barito Kuala), H Syarifah Rugayah (dapil Kalsel 2 Kabupaten Banjar) serta H Supian HK, wakil rakyat beringin asal dapil Kalsel 5 (Kabupaten HSU, Balangan dan Tabalong).

“Tadi (rapat pleno) sempat alot, tapi kami dapat menentukan tiga nama. Ada satu  perempuan yang kami usulkan untuk menghargai kaum perempuan,” ucap Paman Birin.

BACA JUGA : Tak Lagi Adopsi Suara Terbanyak, H Supian HK Klaim Bakal Ketua DPRD Kalsel

Sebelumnya, dalam rapat pleno Golkar Kalsel bergulir 12 nama yang merupakan caleg terpilih beringin hasil Pemilu 2019. Hingga disepakati, mengerucut tiga nama yang akan diusulkan ke DPP Partai Golkar. Tiga nama ini menjadi pilihan rapat pleno, karena 12 nama caleg terpilih beringin dinilai berpeluang menjadi pimpinan dewan mewakili parpol pemenang Pemilu 2019 di Kalsel.(jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.