Imigrasi Banjarmasin Antar Paspor Calon Haji dan Beri Layanan HAM bagi Penyandang Disabilitas

CALON haji asal Embarkasi Banjarmasin menerima pelayanan paspor yang diantar langsung ke Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Landasan Ulin, Banjarbaru. Ada pula layanan HAM dari petugas Kantor Imigrasi Banjarmasin bagi penyandang disabilitas.

KEPALA Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin Syahrifullah mengatakan, layanan antar paspor langsung ke calon haji di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin pertama kali pihaknya lakukan pihaknya. Hal itu dilakukan guna memudahkan dan membuat lebih nyaman para jamaah yang akan menunaikan rukun islam kelima.

“Tujuan kami adalah membantu dan mempermudah calon haji mendapatkan paspor resmi. Selain itu agar mereka tetap fokus untuk menunaikan ibadah haji,” katanya.

BACA : Tercatat, 2.027 CJH 2019 Kalsel Belum Mengantongi Paspor Haji

Syahrifullah mengungkapkan, selain layanan penyediaan paspor, pihaknya juga memberikan layanan hak asasi manusia (HAM), yakni membantu calon haji yang berkebutuhan khusus atau disabilitas.

“Layanan membantu JCH yang berkebutuhan khusus itu bagian dari layanan HAM dari Kantor Imigrasi Banjarmasin,” katanya.

Menerima layanan paspor yang langsung diantar ke jamaah calon haji (JCH) ini mendapat sambutan positif oleh calon haji. Hasbullah, keluarga salah satu calon haji asal Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, mengatakan layanan imigrasi ini membantu keluarganya agar tidak perlu lagi repot memikirkan atau mengurus paspor.

“Keluarga kami yang berangkat haji tentu sangat terbantu dengan sistem antar paspor dan dicap langsung petugas Imigrasi Banjarmasin. Tahun lalu belum ada layanan yang memudahkan seperti ini,” katanya.(jejakrekam)

Penulis H Syahminan
Editor Andi Oktaviani