Dirgahayu

Mensos Tak Ragu Tunjuk Kalsel Menjadi Tuan Rumah HKSN

KEMENTERIAN Sosial (Kemensos)  Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menggelar rapat pleno persiapan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN).

RAPAT tersebut dipimpin langsung Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita di ruang rapat Aberani Sulaiman, Setdaprov Kalsel di  Banjarbaru, Rabu (24/7/2019).

Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pihaknya tidak ragu memberikan kepercayaan kepada Kalsel untuk menggelar HKSN.

BACA: Paman Birin Promosikan Unggulan Kalsel di Pembukaan Harganas

Menurutnya, Kalsel adalah salah satu provinsi yang sibuk di tahun 2019. Karena ada 4 kegiatan nasional yang digelar. Kegiatan itu adalah Hari Keluraga Nasional, Hari Olahraga Nasional, Hari Revolusi Mental, dan ditutup Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional.

Dalam arahanya, Mensos menekankan penyelenggaraan HKSN melibatkan generasi muda untuk menumbuhkan kembali rasa kesetiakawanan yang mulai memudar.

“Pada kesempatan ini saya menekankan bahwa kegiatan HKSN, sejak awal harus sudah melibatkan generasi muda, dari perencanaan hingga pelaksanakaan,  itu penting, ada kekhawatiran kesetiawakanan generasi muda sedikit demi sedikit memudar, marilah kita gunakan HKSN untuk menumbuhkan kembali semangat kesetiakawanan,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mengatakan, Pemprov Kalsel siap menyukseskan penyelenggaraan HKSN tahun 2019 yang akan dilaksanakan dari tanggal 14 hingga 20 Desember 2019.

Menurut pria yang akrab disapa Paman Birin, penyelenggaraan HKSN adalah sebuah kohormatan bagi Kalsel, karena dipercaya menjadi tuan rumah nasional.

Dikatakanya, misi HKSN adalah menanamkan nilai-nilai kesetiakawanan di tengah-tengah kehidupan masyarakat.  Gubernur berharap HKSN dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat Banua.

BACA JUGA: Paman Birin Juara Seduh Kopi di Food Streed Festival

Di sisi lain,  Dirjen Pemberdayaan Sosial Kemensos,  Pepen Nazaruddin mengatakan, ada perbedaan penyelenggaran HKSN dibandingkan tahun kemarin.  Terutama pada Lintas Batas Kesetiakawanan Sosial (LBKS) tahun ini di Kalsel akan melibat kabupaten kota.

“Ada 6 titik atau etape yang akan menjadi lokasi LBKS yakni dimulai pada tanggal 14 Desember di Kabupaten Tabalong, kemudian Kabupaten Balangan, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Banjar, dan selesai di Banjarmasin,” katanya.

Menariknya LKBS ini menggunakan dua jalur yakni darat dan sungai. Rencananya untuk rute terakhir direncanakan akan menyusuri Sungai Martapura dari Dermaga Lok Baintan menuju Balai Kota Banjarmasin dengan jarak kurang lebih 30 kilometer.

Kegiatan LKBS di setiap etape adalah penyerahan bantuan sembako, pengobatan gratis, bantuan perlengkapan sekolah donor darah, dan kegiatan lainya sesuai kondisi daerah. Pada rapat tersebut juga disepakati bersama bahwa tema HKSN 2019 adalah kesetiakawanan menembus batas.(jejakrekam)

Penulis Fahri (Biro Humpro Kalsel)
Editor Fahriza