Gubernur Sugianto Bisa Padukan Poros Kotawaringin Raya-Barito Raya

0

PECAH kongsi membayangi duo petahana, Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan Wagub Habib Ismail bin Yahya jelang suksesi 2020 mendatang. Tawaran agar Sugianto menggandeng tokoh dari Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito pun menjadi solusi di tengah kebuntuan politik itu.

TOKOH pemuda Bakumpai, Rahmad Hidayat berpandangan sebenarnya figur potensial yang berada di DAS Barito patut dipertimbangkan dalam laga perebutan kursi orang nomor satu dan dua di Istana Isen Mulang.

“Salah satu indikator politik itu bisa menghadirkan keseimbangan baik dari proporsi kepemimpinan yang ada. Termasuk, perspektif dalam menghadirkan keseimbangan kemampuan yang ada di wilayah Kalteng,” ucap pegiat demokrasi dari Banjar Public Initiative (BIP) kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Rabu (24/7/2019).

BACA : Banyak Figur dari DAS Barito Layak Dampingi Petahana Kalteng 1

Keseimbangan yang dimaksud Rahmad Hidayat adalah latar belakang representasi wilayah berbeda di Kalsel. Sebab, menurut dia, Sugianto Sabran selaku petahana merupakan wakil dari wilayah Kotawaringin Raya, sehingga sangat tepat jika mengambil sosok wakil gubernur dari zona Barito Raya.

Rahmad pun menilai tentu Kalteng sangat membutuhkan figur gubernur dan wakil gubernur yang saling melengkapi, dari sisi politik dan birokratis. Menurut dia, tokoh-tokoh dari DAS Barito sangat memudahkan bagi Sugianto Sabran untuk menguasai lumbung suara di dua zona yang ada di Kalteng.

Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat (ULM) ini mengungkapkan figur seperti Bupati Barito Utara H Nadalsyah, Bupati Barito Selatan Eddy Raya Samsuri, mantan Bupati Murung Raya yang juga anggota DPR RI terpilih, Willy M Yoseph, dan Bupati Barito Timur, Ampera A.Y Mebas. Termasuk, Ketua Kerukunan Keluarga Bakumpai (KKB) Yuni Abdi Nur Sulaiman, guru besar dan mantan Rektor ULM Prof Dr Muhammad Ruslan, hingga antropolog ULM, Setia Budhi sangat layak untuk dipertimbangkan sebagai figur pendamping.

“Nama terakhir, Setia Budhi patut diperhitungkan di kancah politik Kalteng. Sebab, dosen senior FISIP ULM ini merupakan dari salah satu penggerak pemekaran Provinsi Barito Raya, sekaligus akademisi yang sudah teruji kapasitasnya,” ucapnya.

BACA JUGA : Mayoritas Bermukim di DAS Barito, KKB Siap Berikan Pemikiran Terbaik

Menurut Rahmad, sosok Setia Budhi di kalangan akademisi lokal, regional bahkan internasional sudah terbukti dedikasinya, sekaligus figur budayawan yang mengenal baik khazanah budaya Kalimantan, terkhusus wilayah DAS Barito.

“Setia Budhi juga merupakan salah satu tokoh, di samping H Abdussamad Sulaiman HB (almarhum) yang berjuang dalam pembentukan Provinsi Barito Raya. Nah, modal sosial dan electoral bisa menjadi pilihan bagi Sugianto Sabran selaku petahana dalam memadukan dua poros kekuatan massa pendukung, Kotawaringin Raya dan Barito Raya di Kalteng,” tandas Dayat.(jejakrekam)

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.