Golkar Mendominasi DPRD HSU, Bupati Wahid Ucapkan Syukur

PARTAI Golkar keluar sebagai pemenang Pemilu 2019 di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU). Parpol yang dipimpin Bupati Abdul Wahid ini meraih 12 dari 30 kursi wakil rakyat DPRD HSU periode 2019-2024.

POSISI itu menempatkan caleg terpilih Golkar menempati kursi Ketua DPRD HSU. Menyusul partai beringin, pengisi kursi pimpinan dewan adalah PKB dengan 5 kursi, dan PPP dengan jatah 4 kursi.

Sisanya, 3 kursi direbut PKS dan 2 kursi masing-masing disabet PAN dan Partai Gerindra. Sedangkan, PDI Perjuangan dan Partai Nasdem masing-masing mengutus satu calegnya untuk meraih titel anggota dewan.

Hal ini berdasar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan caleg terpilih DPRD HSU yang ditetapkan KPU HSU di Hotel Minosa Resort Amuntai, Selasa (23/7/2019).

BACA : Bakal Dilantik Agustus Nanti, 30 Anggota DPRD HSU Terpilih Ukur Baju

Dipimpin Ketua KPU HSU Rina Mei Saputri, tak ada nada protes maupun sanggahan dari peserta rapat pleno, termasuk dari Bawaslu dan saksi parpol, hingga jalannya pleno yang dihadiri Bupati HSU Abdul Wahid itu berlangsung cukup cepat.

Pleno terbuka ini juga dihadiri unsur dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) HSU, tokoh agama dan masyarakat umum lainnya.

“Kita patut mengucap syukur atas lancar, tertib dan amannya penyelenggaraan Pemilu 2019. Pesta demokrasi ini bagian dari memperkokoh sendiri kehidupan berdemokrasi di NKRI, khususnya HSU berdasar Pancasila dan UUD 1945,” kata Bupati Wahid.

BACA JUGA : Diawali HSU-Tapin, Diakhiri DPRD Banjarbaru, Ini Jadwal Pelantikan Wakil Rakyat Baru

Sementara itu, Ketua KPU HSU Rina Mei mengungkapkan penetapan parpol peraih kursi dan 30 caleg terpilih yang mengisi kursi dewan, sesuai koridor. Dengan Partai Golkar sebagai peraih kursi terbanyak di DPRD HSU, disusul parpol lainnya.

Harapan KPU HSU adalah para caleg terpilih yang sebentar lagi dilantik menjadi anggota dewan, bisa menjadi amanah. Menurut Rina, semua tahapan dan proses pemilu telah dilalui, baik secara administrasi maupun pelaksanaannya.

“Kami ucapkan terima kasih kepada warga HSU yang turut menyukseskan Pemilu 2019 lalu,” tandas Rina.(jejakrekam)

 

Penulis Muhammad
Editor Didi GS