Jemput Bola, Petugas Dinsos Banjarmasin Data Anak Jalanan

0

DINAS Sosial Kota Banjarmasin jemput bola mendata anak jalanan, pengemis dan pengamen dengan turun ke jalan, Jumat (19/7/2019). Mereka mendatangi berbagai tempat seperti di kawasan Pasar Sudimampir Raya dan Pasar Baru Banjarmasin.

IDENTIFIKASI para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) guna mendata identitas para anak jalan, khususnya soal jenjang pendidikan atau partisipasi sekolah hingga data orangtua atau wali.

“Dengan data yang valid ini, tentu lebih mudah bagi Dinas Sosial Kota Banjarmasin atau instansi terkait untuk menyalurkan bantuan. Seperti, para penerima kartu keluarga sejahtera (KSS), dan program pemerintah pusat lainnya,” ucap Cahaya, petugas pendata dari Dinas Sosial Kota Banjarmasin kepada jejakrekam.com,  saat mendata anak jalan di depan halaman Masjid Noor, Banjarmasin, Jumat (19/7/2019).

BACA : Di Rumah Sederhana Ini, Maria Rawat Empat Anak Jalanan yang Alami Gangguan Jiwa

Menurut dia, sesuai data yang dihimpun, selanjutnya Dinas Sosial Kota Banjarmasin akan mendatangi rumah anak jalanan atau pengemis. Ini dikarenakan, di beberapat titik di Banjarmasin, utamanya saat jelang shalat Jumat, anak jalan dan pengemis berkeliaran, sehingga lebih mudah melakukan pendataan.

Sementara itu, Didi, salah seorang anak jalanan mengaku telah memberi data sesuai apa yang diketahui. Remaja yang tinggal di Jalan Kelayan B Gang Ampalam, Kelurahan Kelayan Timur, Banjarmasin Selatan ini mengungkapkan telah putus sekolah dari bangku SD.

BACA JUGA : Yayasan Al-Ajyb Ajarkan Anak Jalanan Ilmu Agama

Ia melakoni diri sebagai anak jalan akibat kedua orangtua telah bercerai, sehingga untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dengan cara mengamen atau mengemis.

Didi tak memungkiri kehidupan di jalanan sangat keras. Dirinya kerap dilecehkan anak jalanan lainnya yang lebih besar dan dewasa dibandingnya. “Saya seringa dipukul, kalau tidak memberi uang. Bahkan, terkadang uang hasil mengamen, diambil anak jalanan lainnya,” kata Didi.

Ia pun berharap dengan data yang dikumpulkan Dinas Sosial Kota Banjarmasin bisa membantu dirinya untuk melanjutkan sekolah, apakah program paket A, B hingga C.(jejakrekam)

 

Penulis Sirajuddin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.