Perkuat Ketahanan Nasional, Lemhanas Latih 100 Guru dan Dosen

0

LEMBAGA Ketahanan Nasional (Lemhanas) menggelar Training of Trainers (ToT) untuk kalangan tenaga pendidik, Selasa (16/7/2019), di Rattan Inn Banjarmasin. Kegiatan dalam upaya meningkatkan ketahanan nasional dan nilai-nilai kebangsaan ini diikuti guru, dosen, dan widyaiswara.

GUBERNUR Lemhanas Letjen Agus Widjojo mengatakan, ToT yang digelar ini merupakan bagian dari upaya memperkuat ketahanan nasional. Pihaknya menyasar kalangan tenaga pendidik, mengingat perannya yang sangat strategis untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada peserta didik.

“Guru dan dosen merupakan subjek penting bagi generasi saat ini. Mereka menjadi fasilitator bagi mahasiswa dan pelajar, sehingga perlu diberikan pelatihan wawasan kebangsaan bagi mereka. Harapannya, nilai-nilai kebangsaan dan revolusi mental dapat tersampaikan di seluruh lini,” ucapnya.

BACA : Mengemban Amanat Menjaga Keutuhan Bangsa, IKAL Komprov Kalsel Dikukuhkan

Training of Trainers kepada 100 tenaga pendidik berlangsung selama 10 hari. Mereka akan dibekali ilmu terkait empat konsensus dasar bernegara meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Juga akan ada sejumlah materi penunjang. “Kita ingin mereka bisa menjadi fasilitator handal dalam menanamkan nilai-nilai kebangsaan,” katanya.

Diungkapkannya, Training of Trainers merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan di berbagai daerah. Ini merupakan bagian dari tugas Lemhanas untuk menanamkan dan menyebarkan nilai-nilai kebangsaan kepada seluruh elemen masyarakat.
“Ini kegiatan rutin dan menjadi tugas Lemhanas. Kami sudah gelar di berbagai daerah, di Pulau Sumatera, Pulau Sulawesi, dan saat ini di Banjarmasin, Kalsel,” ucapnya.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor sangat berterima kasih karena TOT ini diselenggaran di Kalsel, ini merupakan kehormatan bagi Kalsel. “Karena ini bisa menanamkan jiwa semangat kebangsaan bagi para pengajar dan dapat menularkannya kepada anak-anak didik mereka,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.