Paman Birin Apresiasi ToT Nilai-nilai Kebangsaan Lemhanas RI

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor menyambut baik edukasi Training of Trainers (ToT), nilai- nilai kebangsaan yang diinisiasi Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) RI, di Hotel Rattan Inn Banjarmasin,  Selasa (16/7/2019).

PRIA yang kerap disapa Paman Birin ini memandang pelatihan tersebut sebagai momentum untuk membekali diri dan menyamakan pikiran serta langkah  menuju Indonesia yang benar-benar merdeka.

“Untuk para kader atau pengajar, gunakan lah kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Sehingga nantinya ToT ini akan membawa manfaat bagi masyarakat luas khususnya Kalsel.  Mari bersama bergerak dan bekerja wujudkan Indonesia menjadi bangsa yang benar-benar merdeka,” kata gubernur.

BACA: Paman Birin Promosikan Unggulan Kalsel di Pembukaan Harganas

Sementara itu, Gubernur Lemhanas  RI, Letjend TNI (Purn) Agus Widjojo menyatakan, ToT ini merupakan model pelatihan untuk menciptakan pengajar yang memiliki pemahan kebangsaan yang memadai berdasarkan 4 konsensus negara. “Di sini kita membentuk kader yang akan menyebarkan nilai-nilai kebangsaan di lingkungan organisasi atau komunitasnya,” terangnya.

Agus menambahkan, peserta diberikan pemahanan nilai-nilai kebangsaan berdasarkan Pancasila, UUD 1945, NKRI, serta jiwa semangat yang terkandung dalam Bhineka Tunggal Ika, dengan implementasi paradigma nasional, ketahanan nasional, wawasan nustantara, dan kewaspadaan nusantara.

Dengan melihat nilai kebangsaan pada saat ini, Agus mengatakan, sebagai dampak dari kemudahan memperoleh informasi menyebabkan perubahan karakter pada generasi muda saat ini menjadi individualistis.

Kegiatan Training of Trainer ini diikuti sebanyak 100 orang peserta dari 34 Pronvinsi di Indonesia, terdiri dari guru 30 orang, dosen 29 orang, Widyaiswara 30 orang, serta tokoh masyarakat dan media nasional seperti tvri dan RRI sebanyak 10 orang, Pelatihan berlangsung selama 10 hari.(jejakrekam)

Penulis Endi (Biro Humpro Kalsel)
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.