Semua Pihak Ingin Masalah Penetapan Wakil Bupati HST Segera Diselesaikan

0

DI HADAPAN DPRD, ormas, dan tokoh masyarakat Hulu Sungai Tengah (HST), Bupati HST HA Chairansyah menyatakan lambatnya proses pengajuan nama wakil bupati ke dewan karena nama-nama yang akan diusulkan belum final oleh partai politik pengusung.

CHAIRANSYAH beralasan belum menerima surat resmi tentang siapa calon Wakil Bupati HST yang diajukan untuk mendampinginya. “Saya masih menunggu hasil akhir usulan parpol koalisi untuk diajukan ke DPRD HST. Mengingat waktu, hendaknya usulan nama disertai dengan berkasnya,” kata Chairansyah, Senin (15/7/2019).

Ketua DPRD HST, Saban Effendi mengatakan, masyarakat HST menginginkan adanya wakil bupati untuk dapat bersama-sama membangun daerah. “Kami siap memprosesnya apabilacalonnya sudah diusulkan oleh parpol koalisi,” ujar Saban.

Senin (15/7/2019), DPRD HST meminta penjelasan Bupati HST Akhmad Chairansyah terkait belum diajukannya nama-nama Wakil Bupati HST.

BACA : Diadukan LBH GP Ansor ke Polisi, Bupati HST : Saya Taat Hukum!

Anggota Fraksi Partai Golkar DPRD HST Athailah Hasbi mendukung sikap masyarakat yang mendesak agar segera dilakukan pengisian jabatan wakil bupati. “Kami sepakat dengan sikap ormas, LSM dan tokoh masyarakat yang menghendaki masalah ini segera dituntaskan,” katanya.

Ketua DPC PBB Abu Permadi mengakui ada miskomunikasi antara parpol pengusung dengan bupati, karena ada dinamika dalam parpol pengusung itu sendiri. “Dengan fasilitasi oleh DPRD HST ini, semoga prosesnya lancar. Kami berharap akhir Juli semua sudah selesai,” katanya.

Perwakilan GP Ansor Randi yang menghadiri pertemuan itu, mempertanyakan sikap bupati yang seolah memperlambat proses pengajuan nama calon wakil bupati kepada dewan dengan alasan hak kerohanian.

Seperti diketahui, tiga parpol pengusung telah mengirimkan usulan tiga nama cawabup pada 19 Mei 2019 kepada Bupati HST. Sempat tertunda, karena ada salah satu calon bernama Mahmud dari Partai Gerindra mengundurkan diri. Maka, gabungan parpol kembali mengirimkan surat tertanggal 22 Mei 2019 sebagai usulan nama cawabup. Dua nama yang diusulkan, yakni Berry Nahdian Furqon dan Faqih Jarjani.(jejakrekam)

Penulis Andi Oktaviani
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.