Pemkot Banjarmasin Siap Hibahkan Dana Pilkada Serentak 2020

0

PEMKOT Banjarmasin mulai melakukan persiapan-persiapan jelang Pilkada Serentak 2020. Tahun 2020 nanti, Pemkot Banjarmasin akan menghibahkan dana sekitar Rp 48 miliar untuk Pilkada 2020.

DANA itu bagi empat satuan kerja (satker), yakni KPU, Bawaslu, kepolisian, dan TNI. “Dana yang telah disetujui untuk kegiatan Pilkada 2029 sekitar Rp 48 miliar, dimana Rp 32 miliar untuk KPU, sisanya untuk satker,” ujar Sekretaris KPU Banjarmasin Husni Tambrin saat menghadiri Rakor Dana Hibah Pilkada bersama Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah, Senin (15/7/2019).

Diungkapkan mantan Kabag Humas Setdako Banjarmasin ini, hibah dana berasal dari APBD Banjarmasin yang dikumpulkan secara bertahap setiap tahun anggaran itu, akan dilaksanakan setelah terbit peraturan KPU tentang Tahapan Pilkada. “Mungkin nanti pada 1 Oktober 2019 akan dilaksanakan penandatangan hibah dana tersebut,” katanya.

BACA : Kumpulkan Bahan dan Keterangan, Kasus Penyimpangan Dana Hibah KPU Kalsel Dalam Tahap Penyelidikan

Terkait persiapan Pilkada Serentak 2020, Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah ingin semuanya dapat berjalan dengan baik, sehingga saat pelaksanaannya mulai dari tahapan hingga Pilkada nanti, semuanya dapat berjalan dengan lancar.

“Kesuksesan Pilkada itu, tidak hanya ketika berhasil melahirkan pimpinan, tetapi juga menyangkut kesuksesan semua tahapan pelaksanaan kegiatan itu sendiri,” katanya.

Makanya, ia tidak ingin, dalam pelaksanaan Pilkada nanti, ada hal-hal kecil tapi dapat menghambat kegiatan besar. “Kita berdoa bahwa dan kita menginginkan Pilkada nanti berjalan sukses sesuai jadwal. Jangan sampai berkaitan dengan anggaran maka terhambat proses Pilkada, jadi harus berjalan dengan sukses, harus berjalan sesuai dengan jadwal,” ucapnya.

Apalagi, lanjutnya, Banjarmasin merupakan ibukota Provinsi Kalsel yang menjadi barometer kesuksesan Pilkada bagi daerah lain, yang ada di Bumi Lambung Mangkurat. “Tahun ini ada delapan kegiatan Pilkada di Provinsi Kalsel, baik itu Pilkada Gubernur maupun Pilkada kepala daerah di kabupaten kota lain. Oleh sebab itu saya berharap Banjarmasin bisa sebagai contoh untuk daerah-daerah lain. Komitmen kita sukses,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.