ACT

Kemenangan Perdana Barito, Pecahkan Rekor Tak Terkalahkan Bali United

0 202

PUASA kemenangan hingga pekan ke-8, akhirnya bisa ditebus Barito Putera usai bentrok dengan Bali United di ajang Shopee Liga 1 2019 di Stadion Demang Lehman, Martapura, Minggu (14/7/2019) malam.

KEMENANGAN perdana ini menjadi kado terindah bagi Yunan Helmi, setelah menggantikan posisi pelatih kepala Jacksen F Tiago. Tiga poin yang bisa direngkuh Barito Putera dikatakan Yunan Helmi adalah sesuatu yang patut disyukuri, karena dalam delapan laga, belum bisa mengemas poin penuh.

Kepada awak media di Stadion Demang Lehman, Yunan Helmi pun memuji anak asuhnya yang bermain dengan disiplin, ngotot dan konsisten sehingga bisa mengalahkan tim papan atas Liga 1.

Legenda Barito Putera ini mengakui tim yang diarsitekinya itu bermain lebih sabar dan menimalisir kesalahan terutama lini belakang Barito putera sehingga bisa meredam serangan Lilipali Cs.

“Dalam satu dua hari ini, pemain akan fokus recovery baru ke Samarinda untuk bertanding versus Borneo FC, kita akan mengevalusi tim dan menganalisa tim lawan,” ucap Yunan.

BACA : Akhiri Paceklik, Gol Semata Wayang Angkat Asa Barito Putera

Sementara itu, pemain Barito Putera, Dandi Maulana menilai raihan positif ini merupakan buah dari kerjasama tim. “Kemenangan ini diharapkan menjadi momentum tim Laskar Antasari untuk meraih hasil positif di pertandingan selanjutnya,” ucap Dandi Maulana.

Sedangkan, Pelatih Bali United Stefano Cugurra memuji permainan kedua tim. Namun, ia menyayangkan gol penyamaan kedudukan itu justru dianulir wasit.

“Babak pertama dan kedua Bali United dan Barito Putera bermain dengan bagus, tapi sayang gol kami dianulir wasit,” urai mantan Pelatih Persija Jakarta ini.

Fano menilai gol dari Rafael Silva merupakang ol yang berkelas, memanfaatkan assist dari Rizki Pora, Rafael menanduk bola yang tidak bisa dijangkau kiper Bali United, Wawan Hendrawan.

Dalam laga misi Barito Putera untuk bangkit kembali itu, kemenangan ini terasa istimewa. Sebab, Rizki Pora dan kolega mematahkan rekor tak terkalahkan yang ditorehkan tim tamu, Bali United. Tim laskar Antasari menaklukkan Serdadu Tridatu dengan skor 0-1 di Stadion Demang Lehman, Martapura yang dikenal bertuah itu.

BACA JUGA : Hasnur Bela Ardasa, Manajemen Barito Putera Siap Bertemu Supporter

Gol tunggal kemenangan Barito Putera pada laga ini dicetak oleh striker asal Brasil, Rafael Silva yang membobol gawang Bali United saat memasuki menit ke-81. Sepakan bebas Rizky Rizaldi Pora dari sisi kanan pertahanan Bali United dimaksimalkan dengan bagus Rafael.

Gol kelima bagi pemain yang musim ini menjalani debut di Liga Indonesia pun membuat timnya meraih kemenangan pertama pada Liga 1 2019. Namun lima menit kemudian supporter tuan rumah sempat terdiam, pasalnya Willaim Pacheco berhasil menceploskan bola ke gawang Aditya Harlan.

Beruntungnya, pengadil lapangan menganulir gol ini  Willian Pacheco karena melakukan pelanggaran terlebih dahulu terhadap kiper Adhitya Harlan, sebelum mencetak gol. Alih-alih menyamakan kedudukan lilipaly dan kolega harus bermain dengan 10 pemain  Pachecho menerima kartu merah langsung usai melanggar keras Gavin Kwan Adsit.

BACA LAGI : Ada Apa dengan Barito Putera? Sudah Saatnya Manajemen Berbenah!

Alhasil, skor 1-0 untuk kemenangan Barito bertahan hingga laga usai. Ini menjadi kemenangan perdana untuk Barito, sekaligus kekalahan pertama untuk Bali United. Bali United masih tertahan di posisi 2 dengan 16 poin dari laga, kalah selisih gol dari Tira Persikabo yang menempati puncak klasemen. Sedangkan Barito duduk di peringkat 14 dengan 7 poin dari 8 pertandingan.

Dengan kemenangan ini di bawah kendali Yunan Helmi Barito Putera terus meraih hasil positif dengan raihan 6 poin dari 4 kali bertanding, dengan rincian satu kali kemenangan dan 3 kali imbang di kandang lawan.(jejakrekam)

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.