Jokowi Terkesima Stan UMKM Kalsel

0

BANK Indonesia (BI) kembali menggelar perhelatan expo UMKM dalam Karya Kreatif Indonesia (KKI). Kegiatan yang digelar 12-14 Juli 2019 ini, berlangsung di Jakarta Convention Center dan telah dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo.

EVEN tahun ini, Kantor Perwakilan BI Koordinator Wilayah Kalimantan (KPw BI Kalimantan Selatan) turut menampilkan UMKM binaan dari Kalimantan Selatan.

Menjadi kebanggaan tersendiri bagi stand Kalimantan Selatan, dimana ketika Presiden Jokowi mengunjungi stand UMKM binaan KPw BI Kalimantan Selatan, dirinya mampir dan melihat beberapa karya yang ditampilkan dalam stand.

Dalam kesempatan tersebut, Herawanto, Kepala KPw BI Kalimantan Selatan menyampaikan kepada Presiden Jokowi bahwa KPw BI Kalimantan Selatan telah turut berperan aktif dalam mendorong pengembangan UMKM di Kalimantan Selatan.

BACA : Banyak Pelaku UMKM Bangkrut Karena Tak Pandai Mengelola Keuangan

“Dalam KKI kali ini, kami menampilkan beragam UMKM khas Kalimantan Selatan antara lain Sasirangan, Tenun Pagatan, kuliner minuman limau, gula aren, kopi, hingga kerajinan batu,” ujar Herawanto kepada Presiden Jokowi dalam pemaparannya.

Dalam kesempatan yang sama KPw BI Kalimantan Selatan, menyatakan akan terus memajukan UMKM Kalimantan Selatan agar memiliki nilai tambah ekonomi sekaligus mengangkat citra daerah.
Salah satu UMKM peserta KKI dari Kalimantan Selatan, yaitu sasirangan produksi Hajjah Anida telah memperoleh pesanan dari luar negeri. “Kami memperoleh pesanan dari luar negeri setelah difasilitasi KPw BI Kalimantan Selatan usai mengikuti acara KKI tahun sebelumnya” kata Hj Anida.

Sementara itu, Presiden Jokowi yang sempat meninjau sejumlah stan dan produk-produk UMKM lokal yang dipamerkan dalam pameran tersebut mengaku melihat adanya peningkatan kualitas akan produk-produk yang dihasilkan. Utamanya, ia melihat adanya lompatan kualitas yang luar biasa dari sisi pengemasan dan juga pembentukan merek produk yang dijajakan.

BACA JUGA : Revolusi Industri 4.0 Menuntut Pelaku UMKM Harus Melek Teknologi Informasi

“Saya melihat produk-produk UKM-UKM yang didampingi, dikawal, dan dibina oleh Bank Indonesia ini ada lompatan dari sisi kualitas,” kata Presiden Jokowi selepas peninjauan.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengaku senang dengan adanya inisiatif untuk memasukkan produk-produk tersebut ke dalam pasar digital. Dengan masuk ke pasar digital itu, bukan tak mungkin nantinya produk-produk UKM kita akan merambah hingga mancanegara.

“Saya kira cara-cara yang dilakukan oleh BI ini sangat bagus. Diseleksi, dikuratori, memang prosesnya seperti itu sehingga ketemu produk-produk yang premium dan kualitasnya tinggi dan ya dijual harga berapapun orang akan senang,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.