TMMD ke-105 Kodim 1007/Banjarmasin Dilaksanakan di Kawasan Kuin Kacil

JAJARAN Kodim 1007/Banjarmasin melaksanakan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 di kawasan Kuin Kacil, Kelurahan Mantuil, Banjarmasin Selatan.

DANDIM 1007/Banjarmasin Letkol Inf Nopid Arif menjelaskan, TMMD merupakan salah satu wujud operasi bakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan departemen, lembaga pemerintah non departemen, dan pemerintah daerah.

Kegiatan itu, lanjutnya, dimaksudkan agar akselerasi kegiatan pembangunan yang dilaksanakan TNI dan pemerintah bersama masyarakat dapat terintegrasi. “Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangka membantu Pemkot Banjarmasin mewujudkan pembangunan yang merata seimbang dan berkesinambungan,” ujarnya, Kamis (11/7/2019).

BACA : Ada 50 Lokasi, TMMD ke-105 Efektif Dimulai 10 Juli Nanti

Wakil Walikota Banjarmasin Hermansyah menyatakan, Pemkot Banjarmasin sangat mendukung kegiatan yang dilaksanakan Kodim 1007 Banjarmasin.

Diungkapkannya, apa yang telah dikerjakan pemerintah bersama TNI ini juga mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat. “Atas nama Pemkot Banjarmasin dan warga Banjarmasin, saya mengucapkan terima kasih kepada jajaran TNI Kodim 1007/Banjarmasin yang telah melaksanakan TMMD,” ucapnya.

Ia berharap TMMD dapat memberikan hasil maksimal dan bermanfaat bagi warga serta dapat mendekatkan hubungan emosional antara TNI dan masyarakat.

Sementara itu, TMMD melaksanakan pembangunan fisik dan non fisik.e Pembangunan jalan sepanjang 979 meter x 2 meter, pembuatan jembatan besar sebanyak 4 buah dengan panjang 61 meter x 2 meter, pembangunan jembatan kecil sebanyak 9 buah dengan panjang 76 meter x 2 meter, pembuatan gorong- gorong dengan diameter 95-105 cm, serta bedah empat rumah dan renovasi satu mushola.

Untuk sasaran nonfisik berupa penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluhan radikalisme, penyuluhan pertanian holtikultura, penyuluhan karhutla, penyuluhan kesehatan, penyuluhan sosialisasi retrutmin TNI, penyuluhan narkoba, serta baksos pengobatan gratis, periksa darah, serta pasar murah.

Staf Ahli Bidang Edeologi dan Politik Pangdam VI/Mulawarman Kolonel Inf JBX Nunes yang turut hadir dalam pembukaan TMMD 105 Kodim 1007/ Banjarmasin itu mengatakan, rohnya tentara adalah rakyat. “Sehingga TMMD ini tujuannya menyejahterakan rakyat, dalam hal meningkatkan pembangunan membantu pemerintah daerah,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi/Asyikin
Editor Andi Oktaviani