Paman Birin Berharap dari CPNS Lahir ASN Profesional

PEGAWAI pemerintah yang mampu bekerja secara profesional, diharapkan akan  lahir dari para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kalimantan Selatan.

HAL itu disampaikan Sekda Kalsel H Abdul Haris saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor pada Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan XI dan XII, Rabu (10/7/2019).

Pada kegiatan di Kampus II Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Kalsel di Banjarbaru, Paman Birin, sapaan akrabnya juga menekankan pentingnya membangun ASN yang memiliki integritas, professional, netral,  dan bebas dari intervensi politik.

BACA: Pasarkan Produk Lokal Hingga Timur Tengah, PKK Kalsel Masuk Nominasi Nasional

Bersih dari praktek korupsi, kolusi,. dan nepotisme serta mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat.  “Saya sangat berharap, pendidikan dan pelatihan dasar ini mampu mencetak aparatur yang mampu bekerja secara profesional, mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa,”  harap Paman Birin.

Sementara itu, Sekda Abdul Haris di depan  80 CPNS berasal dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten/ Kota se-Kalsel,  turut  memberikan materi pertama bagi CPNS Golongan III.

Pada paparannya bertema Kebijakan Dalam Pengembangan Aparatur Sipil Negara, Abdul Haris memberikan  motivasi bagi CPNS terkait berupa kisah-kisah inspiratif   dalam menjalankan profesi  sebagai ASN.

Menurutnya, seorang PNS  harus memiliki kemampuan intelektual dalam upaya melakukan pengembangan pelaksanaan tugas. “Meski pada realitanya di lapangan pengalaman akan berbicara, sehingga wajib PNS untuk mengembangkan keilmuan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan pimpinannya,” jelas Abdul Haris.

Pelatihan Dasar CPNS Golongan III yang diselenggarakan selama 51 hari kerja ini juga diharapkan  Sekda Kalsel dapat saling bekerjasama, saling menghargai dan tolong menolong serta terus belajar dari inspirasi orang sukses.(jejakrekam)

Penulis Belinda Devi (Humpro Kalsel)
Editor Fahriza