6.056 Calon Haji Asal Embarkasi Banjarmasi Dibagi dalam 19 Kloter

KEPALA Kanwil Kementerian Agama Kalsel Noor Fahmi mengungkapkan, calon haji asal Embarkasi Banjarmasin pada tahun 2019 sebanyak 6.056 orang, dengan rincian 4.136 orang asal Kalsel dan 1.920 asal asal Kalteng, yang terbagi dalam 19 kelompok terbang (kloter).

SETIAP kloter, bebernya, rata-rata berjumlah 320 orang dan Tim Petugas Haji Daerah (TPHD), didampingi 5 petugas kloter, yang terdiri satu orang dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) atau Ketua Kloter, 1 orang dari Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) , 3 orang dari Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) yang terdiri satu dokter dan dua perawat.

“Operasional pemberangkatan JCH dimulai sejak masuknya JCH Kloter 1 asal Hulu Sungai Selatan sebanyak 256 orang dan dari Banjarmasin 57 orang ke Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin pada 8 Juli 2019 dan berakhir pada 4 Agustus 2019,” katanya, Selasa (9/7/2019).

BACA : Dilepas Paman Birin, Kloter 1 CJH Kalsel Bertolak ke Tanah Suci

JCH akan diberangkatkan dalam dua gelombang, yaitu gelombang pertama (Kloter 1-7) menuju Madinah untuk melaksanakan ritual ibadah sunnah arbain dan ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW, serta gelombang kedua (Kloter 8-19) yang langsung menuju Mekkah.

“Seharusnya jumlah calon haji dan petugas di Kloter adalah 325 orang, namun beberapa hari menjelang keberangkatan ada tiga orang mutasi ke kloter berikutnya karena ada yang sakit dan satu orang wafat di daerah. Kemudian saat berada di asrama haji ada tiga calon haji yang tertunda keberangkatannya, karena dua diantaranya sakit sehingga harus mendapat perawatan lebih lanjut,” tuturnya.

Data Siskohat Embarkasi Banjarmasin calon haji tertua pada Kloter 1 adalah Badariah Bakri Arif asal Kandangan yang berusia 91 tahun, dan termuda asal Banjarmasin dengan nama Muhammad Aditya Sangga dan Ahmad Jamaludin Fikri.

Untuk Kloter 2 berasal dari Tabalong yang akan memasuki asrama haji Embarkasi Banjarmasin pada 10 Juli 2019 dan akan diberangkatkan 11 Juli 2019 menuju Madinah pada pukul 03.05 Wita.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani