Pasarkan Produk Lokal Hingga Timur Tengah, PKK Kalsel Masuk Nominasi Nasional

KETUA TP PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah mengungkapkan syukur dan bangganya  atas prestasi  PKK Kenanga, Kelurahan Birayang, Hulu Sungai Tengah (HST)  hingga bisa mengharumkan Banua melalui  even lomba berskala nasional.

INI setelah Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (LP2K) PKK Kenanga, Kelurahan Birayang, Batang Alai, HST masuk nominasi 6 besar tingkat  nasional. Penghargaan itu disampaikan Hj Raudatul Jannah saat memberikan  sambutan di depan undangan, pengurus PKK,. dan  Tim Penilai Pusat diketuai  Sri Adriyani,  di Halaman MTsN 6, HST, Selasa (9/7/2019).

Istri Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada kader dan seluruh pengurus PKK di semua tingkatan di HST  atas kerja keras melaksanakan program kerja.

BACA:  Tim Penggerak PKK Kalsel Gelar Bakti Sosial di Momen Harganas

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada  PKK Pusat serta pemerintah daerah atas bimbingan dan pembinaan kepada kami dalam upaya  meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui peran nyata PKK,” ucapnya, seraya mendoakan Kalsel bisa meraih prestasi terbaik  di even berskala nasional itu

Sementara itu, Ketua TP PKK Pusat Pokja W, Sri Adriyani mengucapkan terima kasih atas sambutan luar biasa dari pemerintah Kabupaten HST dan juga semangat Ketua TP PKK Provinsi Kalsel.

“Semangat dari ketua TP PKK Provinsi Kalsel ini yang membuat PKK Kelurahan Birayang termotivasi kuat mengembangkan UP2K PKK, hingga berhasil. masuk dalam nominasi 6 besar tingkat nasional,” ujar Sri Adriyani .

Dikatakannya, apa yang telah diungkapkan Ketua TP PKK Provinsi merupakan salah satu kunci berjalannya PKK di kelurahan. Harus disadari bahwa PKK adalah faktor kunci keberhasilan pemberdayaan masyarakat di daerah.

Produk UP2K PKK Kenanga Birayang di Kecamatan Batang Alai Selatan, Kabupaten HST yang berhasil menarik hati tim penilai pusat antara lain jamu instan herbal, sasagun, madu kalulut dan bedak dingin Jalukap yang dipasarkan sampai ke Timur Tengah.

BACA JUGA: Pola Asuh Anak yang Tepat Lahirkan Generasi Berkualitas

Selain itu juga terdapat 23 macam kegiatan usaha yang terus dikembangkan yang juga menguntungkan,  selain empat produk unggulan tersebut.  Sekedar diketahui perkembangan jumlah anggota UP2K Kenanga cukup menggembirakan. Setiap tahun terus meningkat dari 30 orang, tahun 2015 yang lalu, meningkat 43 orang di tahun 2018.

Penilaian ini dilakukan dengan cara langsung melihat sistem administrasi UP2K PKK Kenanga. Tim juga melakukan pengecekan pada sumber permodalan bergulir. Modal  berasal dari sumbangan anggota dan dana pribadi pengurus serta jumlah simpanan anggota.(jejakrekam)

Penulis Belinda Devi (Humpro Kalsel)
Editor Fahriza