Banjarmasin dan Penang Jajaki kerjasama Budaya Hingga Teknologi Medis

BANJARMASIN dan Penang, Malaysia, menjajaki kerjasama dalam bidang warisan budaya, even pariwisata, kemajuan pengobatan rumah sakit, dan industri rumah sakit.

PENJAJAKAN kerjasama yang dinilai menguntungkan kedua belah kota antar negara serumpun ini, dilakukan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dan Walikota Penang Dato’ Ar Yew Tung Seang, di sela kegiatan Asia Pacific Cities Summit (APCS) & Mayors’ Forum di Brisbane Convention Center, di Queensland, Australia, Minggu (7/7/2019).

Dalam pembicaraan yang dilakukan kedua pemimpin tersebut, mereka saling berbagi informasi seputar potensi kota masing-masing seperti, warisan budaya, even pariwisata, kemajuan pengobatan rumah sakit, dan industri rumah sakit.

Usai pembicaraan, pertemuan diakhiri dengan saling bertukar cinderamata antaraIbnu Sina dan Dato’ Ar Yew Tung Seang, dimana orang nomor satu di Bumi Kayuh Baimbai memberikan syal sasirangan, sedangkan Pemerintah Bandaraya Pulau Penang memberikan batik Malaysia serta suvenir dari Majlis Bandaraya Pulau Penang.

Sementara itu, pada kegiatan Asia Pacific Cities Summit (APCS) & Mayors’ Forum yang dihadiri lebih 1.000 orang delegasi dari 100 kota, isu utama yang dibahas adalah tentang perkotaan, dimana kota sebagai ekosistem, dan kenyamanan kota.

Selain itu, isu lain yang dibahas dalam kegiatan yang dibuka oleh Walikota Brisbane City Lord Mayor Adrian Schrinner dan dihadiri oleh Konjen RI Sydney Australia Heru Subolo dan Deputi Pemasaran Kementerian Pariwisata Rizky Handayani itu, tentang Forum Walikota se-Asia Pasific untuk sharing, bekerjasama, dan memberi solusi teknologi.

Pada 14 hingga 15 Oktober 2019 nanti, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina kembali mendapat undangan dari UNESCO, menjadi salah satu pembicara pada kegiatan Asia Pasific Peduli Disabilitas di Bandaraya Pulau Penang.

Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina mengundang pihak Bandaraya Pulau Penang, Malaysia untuk mengunjungi Banjarmasin. “Kita juga mengundang mereka untuk ke Banjarmasin,” ujar Ibnu.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Andi Oktaviani