Pola Asuh Anak yang Tepat Lahirkan Generasi Berkualitas

0

RANGKAIAN Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 di Kalimantan Selatan tidak hanya diramaikan dengan berbagai kegiatan pameran atau bakti sosial, tetapi juga kegiatan edukasi. Salah satunya  Seminar Pola Asuh Anak dan Remaja bagi para Guru SMA/sederajat, lembaga perlindungan anak, tokoh agama, dinas, serta mitra terkait, di Mahligai Pancasila, Kamis (4/7/2019).

KEPALA Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kalsel, Husnul Hatimah mengatakan, seminar ini tidak hanya diperuntukkan bagi para ibu, tapi juga para ayah yang juga terlibat dalam pola pengasuhan anak di lingkup keluarga.

“Berbicara masalah anak, maka juga kita berbicara tentang bagaimana kita menyiapkan generasi mendatang yang dapat diandalkan, ini tentu melibatkan peran ibu dan ayah dalam keluarga,” ungkap Husnul Hatimah.

BACA: Paman Birin Juara Seduh Kopi di Food Streed Festival

Sementara itu dalam sambutan Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, yang dibacakan  Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdaprov  Kalsel, Heriansyah menyebutkan, untuk membangun suatu daerah maju dan berkembang, tidak cukup hanya dengan membangun secara fisik dan ekonomi, seperti terbangunnya gedung-gedung yang megah,  maupun ekonomi yang maju dan masyarakat yang sejahtera, namun daerah perlu sumber daya manusia yang handal.

“Karena itu Pemprov Kalsel menempatkan pembangunan SDM yang agamis, sehat, cerdas dan terampil menjadi misi pertama pembangunan di Kalsel,” tulis gubernur.

Ketika SDM di Banua ini bisa terbentuk dengan empat dimensi itu, maka kehidupan masyarakat, baik untuk generasi saat ini maupun generasi mendatang akan memiliki keunggulan dan daya saing.

BACA JUGA: Tim Penggerak PKK Kalsel Gelar Bakti Sosial di Momen Harganas

Pola asuh anak dan remaja sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak remaja di fase-fase kehidupan selanjutnya. Pola asuh akan membentuk sikap, kebiasaan, dan karakter anak remaja. Pola asuh yang tepat akan melahirkan generasi yang disiplin, beretika dan berakhlak serta berkualitas.

Dengan menyebarkan pola asuh yang tepat ke semua lapisan masyarakat Kalsel, diharapkan tumbuh budaya pola asuh yang benar dalam tiap-tiap keluarga di Kalsel.

Seminar yang mengambil tema Gerakan Pengasuhan Optimal Tumbuh Kembang Anak ini menghadirkan narasumber dari berbagai bidang yakni,  Dr Rose Mini AP,M.Psi, Hadi Utomo, Dra Evi Ratnawati dan Dr Dwi Hastuti,M.Si.(jejakrekam)

Penulis Belinda Devi (Humpro Kalsel)
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.