Parade Perahu Hias Miniatur Budaya 34 Provinsi se-Indonesia Meriahkan Harganas XXVI

RIBUAN pasang mata menyaksikan parade jukung hias berkonsep miniatur budaya dari 34 provinsi se-Indonesia. Bertempat di Siring Menara Pandang, Sungai Martapura, kegiatan yang mengadopsi festival jukung hias oleh Pemkot Banjarmasin digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXVI Tahun 2019.

KALSEL yang berkesempatan menjadi tuan rumah dalam gelaran ini, sebagai bentuk mempromosikan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dengan mengangkat budaya lokal 34 provinsi di Indonesia.

Parade jukung hias ini memiliki pesan moral sebagai salah satu cara dan kearifan masyarakat Banjar. Sehingga, sangat relevan untuk menggambarkan sebuah keluarga dalam menjalani kehidupannya. “Ini sebagai nilai tradisi yang terus dibangun dan dikembangkan dalam keseharian keluarga Indonesia,” ucap Sekretaris Utama BKKBN Nofrijal.

Nofrijal menambahkan, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) ingin mendorong terbentuknya manusia-manusia dan keluarga-keluarga yang hidupnya terencana.

Sebab, bagi dia, ketika hidup mereka terencana, maka tujuan-tujuan akhir berupa perubahan perilaku lebih mungkin dan lebih mudah terwujud. “Kalau terencana, semua lebih mudah,” jelasnya.

BACA : Tim Penggerak PKK Kalsel Gelar Bakti Sosial di Momen Harganas

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan, ini sebagai sejarah bagi rakyat Kalsel. Sebab, melalui perahu hias dengan ciri provinsi dari seluruh Indonesia bisa disatukan di Sungai Martapura.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan wujud dukungan Pemprov Kalsel dalam mendukung program KKBPK. “Semoga kegiatan sosialisasi ini dapat menciptakan keluarga sejahtera” ujar Sahbirin Noor

Walikota Ibnu Sina mengucapkan terimakasih kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor beserta Pemprov Kalsel, karena bisa berkolaborasi menonjolkan identitas Banjarmasin sebagai Kota Seribu Sungai.

Ibnu mengaku bangga bisa menjadi tuan rumah agenda tahunan ini, bahkan dalam rangkaian Harganas bisa melibatkan Banjarmasin menampilkan wisata sungai di depan Siring Menara Pandang.

“Ini menjadi kebanggaan kita menjadi tuan rumah yang baik. Apalagi wisata sungai ini sangat dinantikan pengunjung dari berbagai daerah,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Andi Oktaviani