Sejak Jalur Satu Arah Jalan Jendral Sudirman Diterapkan, Puluhan Pengendara Telah Ditindak

FEBRUARI lalu, Banjarmasin mulai menerapkan jalur satu arah, di Jalan Jenderal Sudirman. Namun, dalam pantauan jejakrekam.com di lapangan, masih ditemukan pengendara yang masih melanggar aturan yang diberlakukan Dishub Kota Banjarmasin.

HAL ini terungkap, usai Polresta dan Dishub Kota Banjarmasin menggelar penindakan terhadap pengendara yang melintas melawan jalur. Walhasil, ditemukan hampir 50 pelanggar.

KBO Satlantas Polresta Banjarmasin, Ipda Sunaryanto menyatakan, penertiban satu arah ini dicanangkan dengan harapan masyarakat tertib dan terhindar dari perpadatan ataupun kemacetan.

BACA:  Jalan di Kawasan Tugu Nol Kilometer Satu Arah

“Memang kesannya agak berputar, tetapi untuk mencapai suatu ketertiban perlu adanya pengorbanan dari pengguna jalan,” ucapnya.

Tentunya, jika ada temuan pelanggaran, pengendara otomatis mendapat penindakan secara manual dengan lembaran tilang. Untuk selanjutnya diproSes melalui sistem e-tilang. “Setelah itu, baru keluar nominal denda tilang,” katanya.

Sunaryanto mengakui, kesadaran pengendara ini mesti didukung dengan penindakan. Sebab, ia memperhatikan pengendara yang nekat melawan arah menggunakan momentum disaat petugas tak berjaga. Meskipun pada dasarnya, masyarakat Banjarmasin sudah banyak mengetahui aturan tersebut. “Tak mungkin juga kan, kami melakukan penindakan setiap hari. Tetapi, memang masyarakat mesti ditekan dengan adanya penindakan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Fahriza