Perdana di Balangan, Kelas Inspirasi Sisir Anak Pedalaman Meratus Digelar

0

UNTUK pertama kalinya kegiatan Kelas Inspirasi (KI) akan dilaksnakan di Kabupaten Balangan pada awal bulan Agustus mendatang. Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan ‘Sehari Mengajar’ bagi profesional non-pendidik sebagai sarana gerakan turun tangan langsung menyapa anak-anak sekolah dasar di wilayah pelosok ini, rencanakan akan digelar di tiga Sekolah Dasar Kecil (SDK) di daerah terpencil di Kecamatan Halong.

KETUA panitia lokal KI Balangan, Deta Maleh mengungkapkan, saat ini pihaknya masih dalam persiapan pelaksanaan dan dalam waktu dekat akan melakukan briefing persiapan akhir kegiatan dan direncakan kegiatannya akan digelar pada tanggal 3 Agustus nanti.

Isi briefing itu nantinya, kata Deta, sekaligus mengenalkan profil sekolah terpilih serta paparan materi bagi seluruh peserta mengenai bagaimana isi dari kegiatan KI atau Sehari Mengajar tersebut.

BACA: Sambangi Pedalaman Meratus, Komunitas Pramuka Lakukan Edukasi Hidup Sehat

“Kita berkeinginan dalam pelaksanaan KI perdana di Bumi Sanggam ini, para inspirator lintas profesi, serta relawan fotografer dan videografer bisa ikut nanti dalam kegiatan KI di tiga sekolah yang berada di lereng pegunungan meratus ini,” ujar Deta, Senin (1/7/2019).

lewat kegiatan KI ini, lanjut Deta, pihaknya ingin anak-anak di pedalaman meratus yang jadi sasaran bisa lebih mengenal profesi lain selain pekerjaan yang sehari-hari yang ditemui mereka atau dilakukan oleh orang tua mereka.

“Sebagai kegiatan berbasis kerelawanan, kita ingin berbagai kalangan bisa ikut dalam kegiatan Kelas Inspirasi ini, tentu dengan catatan masuk kepanitian KI ini sendiri,” tegasnya.

Sekedar untuk diketahui, Kelas Inspirasi ini bermula dari gerakan atau kegiatan Indonesia Mengajar yang merupakan sebuah inisiatif gerakan di bidang pendidikan yang merekrut, melatih, dan mengirimkan lulusan terbaik untuk mengajar sekolah dasar di daerah pelosok Indonesia selama 1 tahun.

Kontribusi GIM dalam pendidikan Indonesia dimulai dari tahun 2010. Salah satu misi utama dari gerakan ini adalah mengajak berbagai pihak, termasuk masyarakat umum, untuk turut terlibat aktif dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan bangsa. Ajakan ini hadir dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah Kelas Inspirasi.

BACA JUGA: Suguhkan Panorama Alam yang Memikat, Kunjungan Wisatawan di Balangan Melonjak

Bermula dari teman-teman Indonesia Mengajar dan beberapa teman profesional yang ingin berkontribusi pada pendidikan Indonesia, lahirlah konsep Kelas Inspirasi. Kelas Inspirasi adalah kegiatan yang mewadahi profesional dari berbagai sektor untuk ikut serta berkontribusi pada misi perbaikan pendidikan di Indonesia. Melalui program ini, para profesional pengajar dari berbagai latar belakang diharuskan untuk cuti satu hari secara serentak untuk mengunjungi dan mengajar SD, yaitu pada Hari Inspirasi.

Kegiatan Kelas Inspirasi yang pertama diadakan pada 25 April 2012 di 25 lokasi SD di Jakarta. Tujuan awal dari KI adalah menjadi gerbang keterlibatan para profesional dengan realita dunia pendidikan dasar di lingkungannya, serta Indonesia pada umumnya. Para profesional diajak untuk menceritakan mengenai profesinya. Harapannya, para siswa akan memiliki lebih banyak pilihan cita-cita serta menjadi lebih termotivasi untuk memiliki mimpi yang besar.

Bagi para profesional pengajar, Kelas Inspirasi dapat memberi pengalaman mengajar di depan kelas sebagai bentuk kontribusi nyata dan aktif terhadap perbaikan masa depan bangsa. Interaksi antara para profesional dengan siswa dan guru SD diharapkan dapat berkembang nantinya menjadi lebih banyak gagasan dan kegiatan yang melibatkan kontribusi kaum profesional.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.