ACT

Peranan Penting Sektor Pertanian bagi Pembangunan Daerah

107

BUPATI Barito Utara H Nadalsyah mengatakan, sektor pertanian mempunyai peranan yang sangat penting, terutama sebagai penyedia pangan bagi kebutuhan masyarakat.

HAL itu dikatakan Nadalsyah pada saat apel gabungan di halaman Kantor Bupati Barito Utara, Senin (1/7/2019), yang juga dihadiri Wakil Bupati Barut Sugianto Panala Putra, dan Sekdakab Barut Jainal Abidin.

Diungkapkan Nadalsyah, pemerintah terus berupaya untuk mewujudkan swasembada pangan berkelanjutan yang menjadi salah satu misi di dalam pelaksanaan pembangunan pertanian.

Karenanya berbagai program telah digulirkan dalam rangka untuk pencapaian swasembada pangan tersebut, diantaranya melalui program upaya khusus padi, jagung dan kedelai (pajale).

Oleh karena itu, pemerintah telah mendukung terhadap pelaksanaan program upaya khusus pajale yang dilaksanakan dari tahun 2015, dimana Kabupaten Barito Utara adalah menjadi salah satu sasaran dari pelaksanaan program tersebut.

Dikatakannya, melalui program upsus pajale ini telah dilaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman padi dan jagung. Selain itu juga pengadaan atau bantuan pupuk kepada petani, penyediaan benih unggul, perbaikan jaringan irigasi, bantuan obat-obatan, serta bantuan alat dan mesin pertanian.

Dikatakannya pula, sejak dilaksanakannya program upsus pajale ini produksi padi dan jagung di Kabupaten Barito Utara terus mengalami peningkatan. “Secara khusus produksi komoditi jagung kita saat ini telah menempatan Kabupaten Barito Utara sebagai daerah penghasil tertinggi di Kalimantan Tengah,” katanya

Disamping komoditi padi dan jagung, pemerintah Kabupaten Barito Utara, juga mendapat kepercayaan dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian dan provinsi untuk pengembangan bawang merah dan cabai.

Pengembangan kedua komoditi tersebut menunjukkan hasil atau produk yang cukup bagus. Produksi kedua komoditi tersebut mempunyai peranan penting sebagai penyangga inflasi daerah.

“Kita berharap program ini terus berkelanjutan sehingga dapat menciptakan perluasan dan keanekaragaman komoditi budidaya, dan juga perluasan kesempatan berusaha yang semua bermuara terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat khususnya petani,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.