Mahasiswa FH ULM Diajari Ilmu Hukum Secara Langsung Oleh Kejari Banjarbaru

MAHASISWA Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin mendapat kuliah dan bimbingan ilmu hukum dari Kejaksaan Negeri Banjarbaru. Mereka mendapat pengalaman menarik dan menyenangkan belajar langsung bahkan berkesempatan praktek langsung di lapangan.

MAHASISWA semester 6 Fakultas Hukum ULM Banjarmasin, Donny Reffiandy Handoyo yang magang atau Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Kejaksaan Negeri Banjarbaru mengaku lebih tertarik belajar ilmu hukum secara langsung dengan praktisi hukum dari Kejari Banjarbaru.

“Beda sekali belajar ilmu hukum dibangku kuliah dengan PKL yang langsung dipimpin jaksa berpengalaman. Pola penyajian ilmu hukum yang diberikan jaksa lebih jelas, sebab kami bisa langsung praktek,” jelasnya, Senin, (1/7/2019).

BACA: Pemkot dan Kejari Banjarbaru Wujudkan Zona Bebas Korupsi

Pembimbing PKL mahasiswa yang praktek adalah Kasi Pidum Kejari Banjarbaru, Budi Mukhlis. Ia mengatakan senang bisa memberikan pelatihan dan pelajaran ilmu hukum kepada mahasiswa. Sebab, hal itu sangat bermanfaat bagi mereka untuk menambah pengetahuan mereka.

“Selama dibangku kuliah para mahasiswa ini hanya mengenal ilmu hukum secara teori law of the book dan sekarang mereka kita berikan penerapannya di lapangan atau law in action,” jelasnya.

Mantan Kasi Pidsus Kejari Martapura ini juga mengungkapkan, ia menyampaikan beberapa hal penting harus mereka pahami dan ketahui. Misalnya tentang KUHP, Pasal dan penerapan aturan teknis lainnya yang sebelumnya hanya mereka dapatkan secara teori.

“Kita juga ingatkan kembali teori hukum yang akan mereka praktekan, seperti azas hukum, filsafat hukum dan aturan aturan teknis yang mereka pelajari bangku kuliah,” jelasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Fahriza