Dirgahayu

Hari Pertama PPDB Online SMA/SMK, Terjadi Gangguan di Koneksi Server Internet

HARI Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) online untuk SMA dan SMK di Banjarmasin dimulai Senin (1/7/2019) hingga Rabu (3/7/2019). Namun, di hari pertama pendaftaran sempat tertahan selama 1,5 jam karena gangguan di sistem PPDB online.

SEKRETARIS PPDB online yang juga Humas SMAN 1 Banjarmasin Ferry Setiawan mengatakan, gangguan di interkoneksi server internet. “Gangguan selama 1,5 jam sehingga sempat terhenti. Ini bukan hanya SMAN 1 saja tapi semua sekolah,” ujarnya.

BACA : Jelang PPDB SMA 1-3 Juli, Ombudsman Buka Posko Pengaduan Orangtua Siswa

Diungkapkannya, pendaftaran di SMAN 1 dibatasi, dimana pada hari pertama untuk 200 pendaftar, dan dihari kedua dan ketiga masing-masing juga untuk 200 pendaftar.

“Dari jumlah 600 pendaftaran itu, SMAN 1 menerima siswa baru hanya sebanyak 288 siswa. Dari jumlah itu, jalur zonasi sebanyak 80 persen, jalur prestasi 15 persen, dan kepindahan orang tua sebanyak 5 persen,” katanya.

BACA JUGA : Sistem Zonasi PPDB Bisa Buka Peluang Kongkalingkong Sekolah dan Orangtua Siswa

Di SMKN 5 Banjarmasin, di hari pertama pendaftaran telah menghabiskan 800 formulir. “Namun, yang mengambil formulir belum tentu mendaftar di SMKN 5 karena masih melihat nilai calon siswa,” kata panitia PPDB online SMKN 5 Johan.

Tahun ini, SMKN 5 menyediakan 26 kelas, dimana satu kelas bisa menampung 36 siswa, sedangkan jurusan yang ada di SMKN 5 ada 17 jurusan kompetisi keahlian dan 10 jurusan program keahlian.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani