Tak Hanya Jalan Mulus, Warga Desa Sei Rahayu 1 Bisa Nikmati Air Bersih

KUCURAN dana alokasi desa benar-benar dimanfaatkan maksimal oleh warga Desa Sei Rahayu 1, Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah. Tak hanya membuat akses jalan menjadi mulus, kini warga desa pun bisa menikmati sistem jaringan air bersih hingga ke rumah.

SAAT ini, jaringan air bersih melalui program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (pansimas) serta pembangunan fasilitas jalan, telah mengubah wajah desa wilayah transmigrasi itu.

“Sebelum adanya program pamsimas, masyarakat hanya memanfaatkan air sumur dan sungai untuk keperluan sehari-hari. Sekarang, air bersih sudah mengalir ke rumah. Pendeknya, tinggal buka keran, air bersih sudah bisa dinikmati,” ucap Pejabat Kepala Desa Sei Rahayu I, Suryadi kepada jejakrekam.com, Sabtu (29/6/2019).

BACA : Desa Sei Rahayu I Punya Tenun Tradisional

Ia memaparkan, warga desa saat ini merasa terbantu dengan adanya program tersebut,  selain dana desa yang setiap tahunnya digunakan untuk membangun infrastruktur.

“Beberapa tahun lalu, ada tambahan warga kita sekitar 80 kepala keluarga, mereka merupakan warga transmigrasi. Dengan bertambahnya warga, maka jalan desa juga bertambah hingga beberapa kilometer,” ucap Suryadi.

Masih menurut dia, dengan bertambahnya jumlah penduduk, maka sarana air bersih sangat diperlukan,  seperti saat sekarang ini. Apalagi, sebagian besar warga bekerja sebagai petani.

“”Kami berharap dengan dana desayang akan dikucurkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga. Sebab dengan adanya jalan dan sarana air bersih,maka kebutuhan yang didambakan warga dapat terpenuhi dengam baik,” tuturnya.

BACA JUGA : 2019, 30 Desa di Barito Utara Laksanakan Pemilihan Anggota BPD

Suryadi mengatakan, tak hanya infrastruktur jalan dan jembatan, air bersih, kini jaringan listrik PLN sudah menyala. Hasilnya, suasana desa yang dulunya gelap sekarang berubah menjadi terang, kendati di wilayah perdesaan yang jauh dari ibukota kecamatan.

“Kami berterima kasih kepada pemerintah atas infrastruktur yang telah dibangun. Selain itu,  untuk dana desa, kami akan fokuskan membangun sarana umum,  baik jalan dan jembatan hingga sarana lainnya sesuai dengan petunjuk teknis,” urai Suryadi.(jejakrekam)

 

Penulis Syarbani
Editor Didi GS