ACT

Sekdaprov Kalsel Haris Makkie Dinilai Layak Dampingi Paman Birin

0 987

FIGUR petahana Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang akrab disapa Paman Birin, hampir dipastikan akan berlaga dalam mempertahankan kursi orang nomor satu di Banua pada 2020 mendatang. Apalagi, Partai Golkar percaya diri dengan sokongan 12 kursi di DPRD Kalsel dan pemenang Pemilu 2019 untuk mengusung Paman Birin.

SAAT ini, figur pendamping Paman Birin sebagai calon Wakil Gubernur Kalsel mulai bermunculan. Tersebut nama senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Habib Abdurrahman Bahasyim alias Habib Banua sebagai kandidat terkuat. Berikutnya, nama mantan Walikota Banjarmasin yang juga Ketua DPW PAN Kalsel H Muhidin turut pula masuk dalam radar duet Paman Birin.

Namun, di samping Habib Banua dan H Muhidin, publik juga memasangkannya dengan Sekdaprov Kalsel Abdul Haris Makkie. Ini lantaran, Rudy Resnawan yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Kalsel tak bisa lagi maju, karena sudah dua periode di posisi yang sama. Ini setelahnya, mantan Walikota Banjarbaru itu pernah mendampingi Gubernur Kalsel dua periode, Rudy Ariffin.

BACA : Staf Khusus Gubernur Sebut Paman Birin Terbuka dengan Kontestasi Politik

Pemerhati sosial politik, Muhammad Riza Hikmatullah justru menilai figur pendamping yang layak bagi Paman Birin, harus dari kalangan aparatur sipil negara (ASN), seperti sosok Sekdaprov Kalsel Haris Makkie.

“Jika Golkar dan Paman Birin ingin mendapat dukungan dari kalangan ASN serta jaringan ormas Islam terbesar di Kalsel, pilihan tepat adalah Sekdaprov Kalsel Abdul Haris Makkie,” ucap Muhammad Riza Hikmatullah kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Sabtu (29/6/2019).

BACA JUGA : Kans Sultan Khairul Saleh Terbuka Ditopang Mesin Pemilih Fanatiknya

Menurut dia, demi melanjutkan periode kedua pemerintahan Paman Birin di Pemprov Kalsel, tentu butuh figur yang sudah mengenal ritme organisasi pemerintahan, maka pilihan rasional adalah Haris Makkie.

“Sosok Haris Makkie juga merupakan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalsel, tentu secara struktural ormas Islam ini akan berada di garda pemenangan Paman Birin, bersama Golkar dalam Pilkada Kalsel 2020 mendatang,” ucap Ketua BEM Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM) periode 2016-2017 ini.

Dengan segudang pengalaman sebagai birokrat, serta berbagai organisasi kemasyarakatan, Reza Hikmatullah justru ketokohan Haris Makkie bisa menjadi magnet pendulang suara bagi kemenangan Paman Birin di Pilkada Kalsel 2020.

“Jaringan alumni SMA 1 Banjarmasin juga di bawah kendali Haris Makkie, karena merupakan Ketua IKA SMASA Banjarmasin. Ini belum lagi, jaringan para qari-qariah karena merupakan Ketua LPTQ Kalsel, di samping ormas NU tentunya,” cetus mantan Sekjen Angkatan Muda Masjid Hasanuddin Madjedi ini.

BACA LAGI : Sahbirin Berduet dengan Muhidin? Samahuddin : Banyak Variabel Menentukannya

Mantan aktivis GMNI Banjarmasin ini hakkul yakin koalisi parpol pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin dalam Pilpres 2019 akan berada di barisan pengusung Paman Birin. Walaupun, Golkar di atas kertas bisa mengusung sendiri calon gubernur-wakil gubernur di suksesi 2020.

Mantan Ketua Wilayah Forum Silaturahmi Mahasiwa (Fosma) 165 Kalsel ini mengatakan untuk menarik basis massa dan suara zona Hulu Sungai, tentu ketokohan Haris Makkie serta nama besar sang ayah, yang merupakan mantan Bupati Tapin serta Ketua Umum MUI Kalsel Ahmad Makkie, bisa menjadi bahan pertimbangan.

BACA LAGI : Fadjroel Rachman Maju di Pilkada Kalsel?

“Selama ini, Haris Makkie juga membina pondok pesantren yang diwariskan orangtuanya di Kabupaten HST. Jadi, sudah punya modal sosial dan politik jika Paman Birin berpasangan dengan Haris Makkie,” tutur Reza.(jejakrekam)

 

 

 

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.