FKUB Kalsel Dialog dan Silaturrahmi ke Pemkot Banjarbaru

PENGURUS Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kalimantan Selatan bersilaturrahmi dan dialog kepada Pemkot Banjarbaru, Selasa ( 25/6/2019). Rombongan FKUB dipimpin Sekretaris FKUB Kalsel M Ilham Masykuri Hamdie, diterima Sekdakot Banjarbaru Said Abdullah, didampingi kepala Kesbangpol Banjarbaru dan pengurus FKUB Banjarbaru.

DALAM silaturrahmi tersebut, dibicarakan situasi kerukunan umat beragama di Banjarbaru. Said Abdullah mengakui Banjarbaru sangat heterogen, dimana berbagai suku dan agama tinggal di kota ini.

“Karena itu penting memahami keragaman dan selalu hidup dalam suasana penghormatan pada perbedaan. Kami memberikan apresiasi atas keaktifan FKUB, baik FKUB Banjarbaru maupun FKUB Kalsel yang selalu membangun komunikasi dengan semua majelis agama serta pemerintah daerah. Bila tokoh agama rukun dan damai, maka umat beragama juga akan rukun dan damai,” kata Said Abdullah.

BACA : Jaga Banua Tetap Aman, FKUB Banjarmasin Imbau Jangan Takut dengan Aksi Teror

Sekretaris FKUB Kalsel M Ilham Masykurie Hamdie menyampaikan tujuan silaturrahmi, yaitu meminta perhatian kepada pemerintah kota untuk selalu mendukung FKUB Banjarbaru, sehingga aktif dan menjalankan tugas dan fungsinya.

Serta, menyampaikan rencana kegiatan berupa dialog dan penyerapan aspirasi umat beragama, terutama pada kalangan birokrat dan tokoh masyarakat, agar lebih waspada dan memahami pentingnya menjaga kerukunan beragama

“Dialog tersebut hendaknya dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama dengan melibatkan FKUB Banjarbaru dan Kesbangpolinmas Banjarbaru,” katanya.

BACA JUGA : Kalsel Tergolong Aman, Potensi Konflik Berbasis Isu Agama Patut Diantisipasi

Selain itu, bebernya, juga meminta dukungan pemerintah kota Banjarbaru untuk memberikan perhatian pada kelurahan percontohan kerukunan di Banjarbaru, yang sekarang menjadi kelurahan pelangi, sehingga ada sinergi yang kuat antara FKUB Kalsel, FKUB Banjarbaru, dan Pemkot Banjarbaru dalam mewujudkan kawasan tersebut sebagai kawasan yang dapat menjadi contoh bagi daerah lainnya dalam soal kerukunan beragama.

Silaturrahmi juga diisi dengan sharing informasi tentang berbagai kegiatan yang dilakukan FKUB Kalsel dan FKUB Banjarbaru dalam membangun kerukunan beragama. Selain Ilham Masykurie Hamdie, juga ikut serta dalam rombongan pengurus FKUB, lainnya seperti DR Wahyuddin, Reddy Montana, Bayani Dahlan, dan Noorhalis Majid.(jejakrekam)

Penulis Andi Oktaviani
Editor Andi Oktaviani