Sudah 2 Tahun Selesai, Pasar Murung Keraton Martapura Belum Diresmikan

WALAUPUN sudah dua tahun selesai dibangun Pasar Murung Keraton oleh pemerintah pusat, namun hingga kini belum diresmikan. Pasar yang dibangun Kementerian Perdagangan ini belum secara resmi dihibahkan ke Pemerintah Kabupaten Banjar, sehingga tidak berfungsi maksimal.

KEPALA Bidang Pasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar Jimmy mengatakan pihaknya Banjar sudah menyerahkan persyaratan untuk proses hibah kepada pemerintah pusat, namun hingga kini belum ada kepastiannya.

“Pasar Murung Keraton ini dibangun tahun 2017 dan  mulai bulan April 2018 sudah mulai ditempati pedagang, tapi peresmiannya belum,” ucap Jimmy kepada jejakrekam.com di Martapura, Jumat (14/6/2019).

BACA : Usai Diserahkan Pusat, Wabup Batola : Nama Pasar Marabahan Timur Diganti

Menurut Jimmy, para pedagang juga diizinkan menggelar barang dagangannya, sebab hal itu sangat penting bagi perekomian keluarga mereka serta tujuan utama pendirian Pasar Murung Keraton.

Kabid Pasar Disperindag Kabupaten Banjar ini juga pembangunan Pasar Murung Keraton Martapura ini sumber pendanaannya dari APBN dan total Rp 6,6 miliar. Sedangkan tempat pedagang menggelar dagangannya telah tersedia sebanyak 234 kios. Kios-kios ini pun ditempati berbagai pedagang, terutama penjualan sembako, daging dan lainnya.

BACA JUGA : Terkait Sentra Antasari, PT GJW Tunggu Sikap Pemkot Banjarmasin

“Kami berharap dalam waktu yang tidak lama lagi, Pasar Murung Keraton diresmikan dan dihibahkan ke Pemkab Banjar,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS