Setelah Banding, Akhirnya Prodi Ilmu Kelautan Mendapat Akreditasi A

MELALUI proses panjang, akhirnya program studi (prodi) Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) meraih akreditasi A. Sebelumnya, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberikan akreditasi B, namun ULM merasa peringkat yang didapat dari BAN PT belum sesuai fakta implementasi mutu di prodi Ilmu Kelautan, dan berujung prodi Ilmu Kelautan ULM mengajukan banding. 

MELALUI sidang pleno, Majelis BAN PT telah mengabulkan banding prodi Ilmu Kelautan, dan mengutus dua ssesor surveilans, yaitu Prof Dr Ir Andi Niartiningsih dari Unhas dan Prof Dr Ir Widanarni dari IPB, satu anggota Majelis BAN PT Prof Dr Mustanir Yahya, satu Staf BAN PT Benny Prabowo untuk asesor surveilans banding ke prodi Ilmu Kelautan pada 11-13 April 2019.

Ketua lembaga Penjamin Mutu (LPM) ULM Prof Dr Muhammad Ahsin Rifa’i mengungkapkan rasa syukur atas capaian ini, sebab prodi Ilmu Kelautan menambah daftar panjang prodi di lingkungan ULM yang meraih akreditasi A, yakni 24 prodi dari jenjang D3 hingga magister.

BACA : Raih Akreditasi A, ULM Target Lima Tahun Terakreditasi Internasional

“Saat proses banding prodi Ilmu Kelautan mengajukan 22 butir novum banding dan 95 persen novum tersebut diterima asesor berdasarkan BAP yang diberikan. Setelah BAN PT bersidang, prodi Ilmu Kelautan akhirnya mendapatkan peringkat akreditasi baru yaitu A dengan nilai 366. Dengan demikian, peringkat akreditasi sebelumnya yaitu B dengan nilai 350 dengan sendirinya gugur,” beber doktor jebolan Universitas Hasanuddin Makasar ini kepada jejakrekam.com, Kamis (13/6/2019).

Bagi Ketua PW ISNU (Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama) Kalsel ini hasil perjuangan sistem penjaminan mutu di ULM yang sudah on the track. Terbukti telah berani mengajukan banding jika ada penilaian asesor BAN PT yang dianggap belum sesuai dengan fakta implementasi sistem mutu yang sudah berjalan.

Ahsin mengatakan, setelah Ilmu Kelautan, ULM akan mengajukan akreditasi ulang kepada BAN-PT sebanyak 13 prodi, dengan harapan meraih poin peringkat lebih baik dari sebelumnya. “Dalam waktu dekat ada empat re-akreditasi, yaitu prodi Magister Administrasi Publik, Magister Ekonomi Pertanian, S1 Agronomi, dan S1 Agroekoteknologi serta 9 prodi lainnya masuk daftar waiting list BAN PT,” katanya.

BACA JUGA : Menuju Akreditasi A, ULM Dikunjungi 6 Asesor dari BAN PT Kemenristekdikti

Ia mengakui Magister Administrasi Publik dan S1 Agronomi terbilang berat meraih akreditasi A, sementara berdasarkan penilaian internal ULM, prodi Magister Ekonomi Pertanian dan S1 Agroekoteknologi berpotensi meraih akreditasi A.

Ketua prodi Ilmu kelautan Muhammad Syahdan menilai raihan Akreditasi A merupakan kerja keras semua pihak dan dukungan moril dari petinggi ULM selama proses asesor surveilans.

“Saat ini program pembangunan utama adalah menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia, hal ini menjadi tantangan bagi kita untuk ambil bagian,” kata Syahdan.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Andi Oktaviani