ACT

PKPI Pertanyakan Alasan Bupati HST HA Chairansyah Coret Nama Berry

0 716

PENCORETAN nama Berry Nahdian Forqan yang juga Sekretaris PWNU Kalsel dalam bursa calon Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) dipertanyakan. Plt Ketua DPP Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) Kalimantan Selatan Ahmad Zaki mendesak Bupati HST HA Chairansyah lebih transparan membuka alasan pencoretan itu.

“WALAU PKPI bukan parpol pengusung Bupati HA Chairansyah saat berduet dengan eks Bupati Abdul Latif, namun kami masih punya hak pilih nantinya terhadap dua nama calon wakil bupati yang diusulkan ke DPRD HST. Jadi, kami minta agar Bupati HST segera memberi jawaban atas pencoretan nama saudara Berry,” kata Ahmad Zaki kepada jejakrekam.com di Banjarmasin, Rabu (12/6/2019).

Dengan dua kursi di DPRD HST hasil Pemilu 2014, Zaki menegaskan parpolnya juga memiliki hak yang sama dengan parpol lain, meski bukan partai pengusung Abdul Latif-HA Chairansyah dalam Pilkada HST 2015 lalu.

BACA : Sofiani Dan Faqih Menguat, Tiga Parpol Sepakat Ajukan Dua Nama

Meski merupakan hak prerogatif seorang kepala daerah, Zaki berpendapat sebagai pejabat publik tentu Bupati HA Chairansyah yang telah mencoret satu nama dari rekomendasi parpol pengusung bisa membeberkan alasan logis kepada publik.

“Sebab, pengusulan nama yang diusung parpol pengusung juga melalui sebuah proses politik, apalagi melalui tahapan fit and proper test. Ini menjadi pembelajaran politik, agar rekomendasi yang diberikan parpol itu tidak sia-sia,” tegas mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) ini.

Zaki mengingatkan dalam proses pengusulan nama calon wakil bupati tidak semudah membalikkan telapak tangan, karena ada mekanisme yang dijalankan parpol pengusung secara berjenjang.

“Ke depan, hal semacam ini tak boleh terjadi lagi. Makanya, dalam Pilkada HST 2020 mendatang, PKPI dengan modal satu kursi hasil Pemilu 2019 akan menawarkan figur alternatif bagi masyarakat HST,” tegas Zaki.

BACA JUGA : Nama Berry Dicoret Bupati HST, PBB Usulkan Staf Ahli Gubernur Kalsel

Dia menyebut nama Surya Permana yang merupakan kader partai serta aktivis dengan jaringan yang menasional sebagai figur yang didorong maju berlaga dalam perebutan kursi Bupati-Wakil Bupati HST periode 2021-2026.

“Sebenarnya, Kabupaten HST tak miskin dengan figur-figur potensial yang bisa maju menjadi kandidat bupati ke depan. Banyak yang bisa ditawarkan kepada publik HST, termasuk tokoh-tokoh muda yang sudah memiliki jaringan nasional yang bagus dan berkompetensi dalam kancah politik lokal,” tandasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.