ACT

Warga Tapen Raya Bersihkan Jalan, Pangkas Jarak Menuju Batu Raya

0 139

AKSES jalan dari desa ke desa di Kecamatan Gunung Timang yang terlalu jauh, akhirnya warga membut jalan alternatif dengan membuka jalan baru untuk memangkas jarak tempuh hingga 17 kilometer. 

SEPERTI yang dilakukan di Desa Tapen Raya, Kecamatan Gunung Timang menuju Batu Raya. Mereka membuat jalan usaha tani untuk mengangkut hasil pertanian dan perkebunan.

Kepala Desa Tapen Raya Reding mengatakanmengatakan,  pembersihan jalan usaha tani dari desanya menuju desa tetangga, Batu Raya dan Tongka bertujuan mempersingkat jarak sehingga memudahkan mobilitas warga antar beberapa desa tersebut.

“Waktu tempuh bisa dipangkas sejam lebih dibandingkan jalur utama dari ibukota Kecamatan Gunung Timang, Kandui menuju Batu Raya,” kata Reding kepada jejakrekam.com, Selasa (11/6/2019).

BACA : Pangkas Jarak 40 Kilometer, Pemkab Barito Utara Bangun Jalan Usaha Tani

Menurut dia, kondisi jalan tersebut masih berupa jalan tanah, sehingga peningkatan kualitas jalan sepanjang 17 kilometer bisa ditangani langsung oleh Pemkab Barut melalui Dinas PUPR.  Dikatakan Reding,  jalan yang ada masih perlu pengerasan, karena di jalan itu juga  dilalui empat sungai yang dibuat jembatan, sehingga ini perlu penanganan dari dinas terkait.

BACA JUGA : Desa Hajak Buka Jalan Atasi Keterisolasian

Menurut kepala desa yang berbatasan langsung dengan Barito Selatan ini pembersihan jalan usaha tani dari Tapen Raya menuju Batu Raya dan Tongka menggunakan dana desa (DD) tahun anggaran 2018. Termasuk, beberapa program lain dengan porsi penganggaran tahap I sebesar 20 persen, tahap II sebesar 40 persen, dan tahap III sebesar 40 persen.

“Saya berharap melalui dana desa ini nantinya dapat membangun akses jalan pertanian dan fasilitas lainnya untuk kemajuan warga,”pungkasnya.(jejakrekam)

 

 

Penulis Syarbani
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.