Server Disdukcapil Gangguan, Pembuatan e-KTP di Banjarmasin Tersendat

PROSES pembuatan surat keterangan (SK) hingga pencetakan dan perekaman e-KTP terhenti sejak dua hari lalu. Penyebabnya server yang dikelola Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin mengalami gangguan server atau jaringan di Kecamatan Banjarmasin Utara.

KEPALA Disdukcapil Banjarmasin Khairul Saleh menyebut, saat ini jaringan dalam masa perbaikan. Ia memperkirakan dalam beberapa hari sudah bisa dioperasionalkan kembali.

“Satu atau dua hari bisa beroperasi lagi. Mudah-mudahan,” kata Khairul Saleh kepada awak media, saat dipantau Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Selasa (11/6/2019).

Khairul menyebut, jika saat ini masih belum beroperasi, maka Disdukcapil akan memberitahukan kepada ketua RT di Banjarmasin Timur untuk menginformasikan server dalam masa perbaikan. “Jika sudah bisa dioperasional akan segera diumumkan,” ujarnya.

Meski mengalami gangguan jaringan, Khairul memastikan layanan kartu keluarga dan akta kelahiran untuk Banjarmasin Timur berjalan lancar, sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

BACA : Agar Bisa Mencoblos di Pemilu 2019, Warga Binaan Serentak Rekam Data e-KTP

Sementara, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mengakui mendengar informasi gangguan jaringan melalui media sosial. Untuk itu, dirinya memastikan keterangan Disdukcapil sekaligus melakukan inspeksi mendadak (sidak).

“Sebab, Disdukcapil mengalami pembludakan dari pantauan saya di CCTV. Ini karena pasca liburan ditambah gangguan jaringan,”  ucap mantan anggota DPRD Kalsel ini.

BACA JUGA : Dinyatakan Invalid, Puluhan Ribu e-KTP Warga Banjarmasin Dibakar

Ibnu Sina berharap secepatnya bisa dioperasionalkan kembali untuk melayani masyarakat dalam mengurus dokumen seperti e-KTP dan suket. Selain itu, pelayanan diinginkannya bisa dilakukan secara maksimal.

“Sebenarnya sudah maksimal. Namun, suasananya yang mendesak, lantaran tidak bisa lagi melalui kartu antrean karena keterbatasan ruangan. Apalagi membludak hingga keluar,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi GS