Bantu Masyarakat, Keberadaan Rumah Singgah Balangan Segera Diresmikan

KEBERADAAN Rumah Singgah Balangan (RSB) yang diperuntukan sebagai tempat tinggal sementara bagi warga Balangan yang melakukan pengobatan di Banjarmasin, dalam waktu dekat eksistensi akan diresmikan secara formal.

KEPASTIAN peresmian RSB yang diperuntukan bagi para pasien dan keluarganya yang dalam proses pengobatan di Banjarmasin ini, setelah para pengurus sekaligus panitia peresmian RSB ini, bersilaturahmi serta beraudiensi dengan Bupati Balangan H Ansharuddin dikantornya, Selasa (11/6/2019).

Ketua panitia Peresmian sekaligus pengurus RSB, Juhrani menyampaikan, dari hasil silaturahmi dan audiensi dengan Bupati tadi, maka kita akan segera melaksanakan peresmian RSB.

BACA: Ikhtiar Hadirkan Rumah Singga untuk Pasien Balangan

“Alhamdulillah Bupati sangat mengapresiasi dan mendukung keberadaan dan aktivitas RSB ini, beliau juga berjanji akan hadir dalam peresmian RSB yang rencanya akan kita laksanakan 29 Juni nanti,’’ ujar Juhrani.

Selain itu, salah satu staf pengajar UIN Antasari ini menyampaikan, pihaknya sangat mengapresiasi respon positif bupati, karena ini salah satu bentuk dukungan yang diberikan pemerintah daerah terhadap RSB yang juga berarti perhatian bagi warga Balangan khususnya bagi mereka yang membutuh perhatian saat menjali proses pengobatan di Banjarmasin.

Dirinya juga mengajak, seluruh lapisan masyarakat Balangan khususnya untuk membantu aktivitas RSB yang mana meski sudah berjalan beberapa bulan terakhir, namun masih banyak memerlukan bantuan khususnya pendanaan untuk aktivitasnya.

“Meski kita suah melakukan beberapa rehab bangunan RSB, namun saat ini pendanaan kita masih terbatas terlebih untuk aktivitas sehari-hari RSB, keterbatsan ini sehingga kita cuma bisa memberikan pelayanan sebisanya, dimana untuk makan dan akumodasi belum bisa maksimal begitu juga dengan pendampingan. Untuk itu, kita sangat memerlukan dukungan dan bantuan semua lapisan masyarakat untuk aktivitas atau rutinitas RSB dalam melayani masyarakat yang membutuhkannya,’’ bebernya.

BACA JUGA: Bangun Rumah Singgah bagi Warga Balangan yang Berobat di Banjarmasin

Terpisah, Bupati Balangan H Ansharuddin menyampaikan, apresiasi dan dukungannya terhadap para pengurus RSB, karena secara tidak langsung juga membantu pemerintah daerah dalam melayani masyarakat Balangan.

“Kita tentu sangat mengapresiasi dan mendukung penuh terhadap adanya RSB ini, karena keberadaannya sangat membantu masyarakat,’’ ungkapnya.

Terlepas dari itu, orang nomor satu di Bumi Sanggam ini menyampaikan, betapapun besarnya semangat dari aparatur pemerintah, bila tidak didukung oleh komponen yang ada di masyarakat secara menyeluruh, segala upaya dalam melaksanakan pembangunan, niscaya tidak akan berhasil dengan baik. Apalagi di wilayah pedesaan maupun permasalahan sosial, banyak permasalahan yang harus ditangani, yang pada intinya memerlukan kerja keras, dukungan, dan kebersamaan dari semua pihak.

Untuk itu, dirinya menghimbau, agar masyarakat turut serta bepartisipasi dalam setiap program pembangunan yang dijalankan pemerintah, baik tingkat desa, kecamatan maupun diatasnya.

Sekedar untuk diketahui, RSB ini didirikan berlatang belakang kondisi sulitnya mendapat tempat tinggal sementara bagi warga Balangan saat berobat ke Banjarmasin.

Pendirian RSB yang berada di Jalan Kini Balu, Kelurahan Teluk Dalam, RT 67 RW 23 No  26A, Banjarmasin ini sendiri, diinisiasi oleh Rumah Tahfiz Foundation Balangan dan bekerja bersama-sama dengan semua pihak yang terlibat, seperti Paguyuban Smaven 96, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalsel, mahasiswa Balangan serta   organisasi sosial yang ada di Kabupaten Balangan seperti Sahabat Balangan Centre (SBC) dan Balangan Peduli.

Bagi warga masyarakat khususnya warga Balangan yang membutuhkan atau ingin memakai fasilitas atau membantu RSB ini dapat menghubungi kontak +62 853-4656-6773 untuk berkoordinasi.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza