Puncak Haul Datu Kalampayan Disiapkan 80 Ribu Kotak Nasi Samin

PUNCAK haul ke-213 Syekh Muhammad Arsyad Al Banjary atau Datu Kalampayan, panitia menyiapkan sebanyak 80 ribu nasi kotak untuk jamaah yang hadir.

RANGKAIAN kegiatan untuk memperingati hari wafatnya ulama besar Tanah Banjar itu sudah digelar sejak Sabtu (7/6/2019)  malam di Masjid  Tuhfathurraghibin Dalam Pagar, Martapura.

Ketua Panitia Haul Datu Kalampayan, H Muhammad mengatakan, puncak Haul Datu Kalampayan akan digelar 6 Syawal 1440 Hijriyah bertepatan dengan Senin, 10 Juni 2019.

“Untuk menjamu para jamaah haul yang hadir, kami sudah menyiapkan 80 ribu kotak nasi samin. Untuk keperluan konsumsi para jamaah ini, kami menerima bantuan dari banyak donatur dan dermawan di Kalsel,” ucap Muhammad kepada jejakrekam.com, Minggu (9/6/2019).

BACA : Berawal dari Dalam Pagar, Lahir Pondok Pesantren di Tanah Banjar

Ia menyebut 80 ribu kotak nasi samin semuanya bersumber dari para donatur, termasuk donatur tetap yang menyisihkan rezekinya untuk kegiatan tahunan di Dalam Pagar, Martapura.

BACA JUGA : Menuju Haul ke-212 Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjary di Dalam Pagar Martapura

Mantan pejabat eselon II Pemkab Banjar ini mengungkapkan, setiap tahun jumlah jamaah yang hadir terus mengalami peningkatan. Untuk itu, panitia juga menambah nasi kotak samin yang akan dibagikan.

“Pada Haul Datu Kalampayan ke-212 tahun lalu, kami menyediakan 60 ribu  kotak nasi samin. Pada tahun ini kami tambah menjadi 80 ribu kotak nasi samin,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Syahminan
Editor Didi GS