Usai Lebaran, Penetapan Dua Calon Wakil Bupati HST Diulang

0

PENGUNDURAN diri Mahmud dari bursa calon Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) sisa masa jabatan 2016-2021, kini menyisakan dua nama. Jika sebelumnya, nama Berry Nahdian Forqan sempat dicoret Bupati HST HA Chairansyah, kini calon usungan Partai Bulan Bintang (PBB) kabarnya dicuatkan lagi.

SEKRETARIS Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalimantan Selatan yang juga politisi PDI Perjuangan ini bakal bersaing dengan jago usungan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yakni Faqih Jarjani untuk dipilih 30 anggota DPRD HST.

Ketua Dewan Syariah PKS HST H Faqih Jarjani mengakui semula ada dua nama yang dikantongi Bupati HA Chairansyah, yaitu dirinya dan Mahmud yang merupakan Sekretaris DPD Partai Gerindra HST, hingga nama Berry Nahdian Forqan dicoret sang bupati.

“Ya, patut diduga Pak Bupati (HA Chairansyah) tak mengetahui jika saudara Mahmud mengundurkan diri. Karena berdasar aturan, hanya dua nama yang diusulkan ke DPRD HST, makanya nama Berry Nahdian Forqan dicoret,” ucap Faqih Jarjani kepada jejakrekam.com, belum lama tadi.

BACA : Siapa yang Berhak Menjadi Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah?

Namun, mantan Wabup HST ini juga mendapat informasi jika sebelumnya surat usulan nama Berry Nahdian Forqan yang jadi kewenangan Partai Bulan Bintang (PBB) justru belum ditandatangani Ketua DPC PBB HST Abu Permadi.

“Untuk saya sendiri sebenarnya bukan lagi pengurus DPD PKS HST, saya sudah masuk jajaran pengurus DPW PKS Kalsel. Jadi, lebih fokus ke provinsi. Makanya, informasi penjaringan calon Wakil Bupati HST akan dilanjutkan usai lebaran Idul Fitri ini,” tutur mantan Ketua DPRD HST ini.

Faqih juga mengajak agar publik Kalsel khusus HST untuk menjaga suasana kebatinan Bupati HA Chairansyah dalam mengusulkan dua nama calon wakilnya ke dewan. “Bagaimana pun, Pak Bupati sebelumnya sudah menetapkan dua nama, karena saudara Mahmud mengundurkan diri, maka penjaringan calon akan diulang lagi,” tutur Faqih.

BACA JUGA : Berry atau Faqih, Penentuan Wabup HST Dikaitkan Kuatnya Pengaruh Latif

Sementara itu, Ketua KNPI HST Taufik Rahman mengatakan organisasi kepemudaan yang ada di Kota Barabai jelas mendukung penjaringan calon wakil bupati yang tengah berlangsung. “Kami minta wakil bupati punya kualitas yang baik, sehingga dapat membantu tugas seorang bupati dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan,” ucapnya.

Taufik yang juga politisi Nasdem ini meminta agar wakil bupati terpilih nantinya memiliki komitmen kuat dalam membina organisasi kepemudaan yang ada di HST. “Kami juga meminta Wakil Bupati HST ke depan adalah figur yang berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan dan menolak tambang batubara dan perkebunan sawit,” pungkasnya.

BACA LAGI :  Jaga Meratus, Bupati HST HA Chairansyah Komitmen Lawan Tambang dan Sawit

Sebelumnya, Bupati HST HA Chairansyah juga memastikan akan membicarakan ulang untuk mengusung dua nama calon wakil bupati dengan tiga parpol pengusung, PKS, PBB dan Partai Gerindra, pasca pengunduran diri Mahmud.

Hingga pada 27 Mei 2019 lalu, tiga parpol pengusung mencabut mandat surat tertanggal 19 Mei yang berisi tiga nama yang akan diusulkan sebagai kandidat. Dalam surat itu pula, ketiga parta pengusung memberitahukan bahwa pihaknya bersepakat mengusulkan dua nama calon yakni Berry Nahdian Forqan dan Faqih Jarjani.(jejakrekam)

Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.