Kapolda Kalsel Tinjau Pos Terpadu Operasi Ketupat Intan 2019

0

KAPOLDA Kalsel Irjen Yazid Fanani, Wakapolda Brigjen Aneka Pristafuddin, Pejabat Utama Polda Kalsel, Danrem 101/Antasari Kolonel Inf Mohammad Syech Ismed, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto, Danlanud Syamsudin Noor Kolonel Pnb Riadi Widyoko, dan Sekdaprov Kalsel Abdul Haris Makkie, Senin (3/6/2019), pantau pos pengamanan dan pelayanan terpadu di wilayah hukum Polda Kalsel, seperti di Pos Yan Pelabuhan Trisakti, Pos Yan Duta Mall, Pos Pam KM 14 Pasar Gambut, Pos Pam Bundaran Bandara Syamsudin Noor, Pos Yan Syamsudin Noor, Pos Pam KM 40 Martapura Kota, Pos Pam KM 36 Bundaran Simpang 4 Banjarbaru, serta Pos Pam Desa Nusa Indah Simpang Tiga Bentok Pelaihari, Tanah Laut.

DALAM kesempatan tersebut, Kapolda Kalsel beserta rombongan memberikan bingkisan kepada personel jaga di setiap pos pengamanan yang diisi, TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Basarnas, Dinas Kesehatan, Senkom, dan instansi terkait lainnya.

Kapolda Kalsel Irjen Yazid Fanani mengatakan, pihaknya bersama TNI dan dinas terkait fokus untuk pengamanan mudik lebaran termasuk arus balik nantinya. “Stakeholder terkait bersinergi untuk memberikan rasa aman dan nyaman baik kepada pemudik maupun masyarakat, sehingga pelaksanaan ibadah puasa dan Idul Fitri 1440 H dapat berjalan dengan aman dan lancar,” katanya.

BACA : 725 Personel Diterjunkan, Pengamanan Arus Mudik Lebaran Diperketat

Terkait dengan jumlah personel pengamanan, lanjut Kapolda, untuk personel Polda Kalsel dan jajaran yang terlibat dalam pengamanan mudik dan lebaran sebanyak 725 personel ditambah dari TNI dan dinas yang lainnya.

“Kita berupaya bersama-sama untuk menjaga keamanan dan kenyamaan selama pelaksanaan lebaran agar Kalsel tetap kondusif,” katanya.

Hingga kini, lanjutnya, perkembangan situasi di wilayah Kalsel masih aman dan kondusif. “Untuk pelaksanaan Operasi Ketupat Intan tahun 2019 dilaksanakan selama 13 hari, mulai 29 Mei sampai dengan 10 Juni 2019,” kata Irjen Yazid Fanani.

Sasaran operasi ialah terciptanya kelancaran dan keamanan bagi pengguna motor dan menurunkan tingkat kriminalitas pada bulan puasa dan lebaran.

Kapolda mengimbau bagi warga yang akan melaksanakan mudik agar rumah yang ditinggalkan betul-betul dalam keadaan aman. “Rumah sebelum ditinggalkan agar dilaporkan ke RT, RW, atau kades, sehingga terdata dan bisa dilakukan pemantauan dan pengamanan terhadap rumah-rumah kosong yang ditinggalkan pemiliknya,” kata Kapolda.

Jenderal bintang dua ini juga mengimbau ke masyarakat untuk tetap menjaga situasi kamtibmas di wilayah Kalsel dengan baik, sehingga pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1440 H dapat berlangsung dengan aman, nyaman dan kondusif. Ia juga mengajak kepada masyarakat untuk mewaspadai berita hoax.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.