Dirgahayu

Gema Takbir Mulai Berkumandang di Kota Banjarmasin.

GENAP 30 hari umat Islam di Indonesia, termasuk di Banjarmasin menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Suasana menyambut hari kemenangan Idul Fitri mulai terasa dengan gema takbir di malam 1 Syawal 1440 Hijriyah.

USAI shalat Maghrib di hari ke-30 Ramadhan 1440 Hijriyah bertepatan Selasa (4/6/2019), seluruh pelantang suara masjid, langgar dan surau pun terdengar takbir, tahlil, tahmid dan puji-pujian kepada Allah SWT atas datangnya lebaran menggaung. Seperti terlihat di Masjid Raya Sabilal Muhtadin dan Masjid Al Jihad serta masjid lainnya.

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, Laa ilaha illa Allahu Allahhu akbar, Allahu akbar wa lillahilham.  Mendengar suara takbir, tak sedikitpun umat muslim meneteskan air mata. Mereka berharap dapat kembali bertemu di Ramadhan tahun depan.

BACA : Idul Fitri Diprediksi Rabu, NU-Muhammadiyah Kompak Genapkan Puasa 30 Hari

Adapula yang mengingat keluarga mereka di kampung halaman, karena tidak dapat merayakan Idul Fitri bersama. Ada juga yang mengisahkan saat masih bersama kedua orang tua merayakan Idul Fitri, namun kini salah satu diantara kedua orang tua sudah tiada.

“ Semoga saya bisa bertemu Ramadhan tahun depan. Amin,” kata Munir, salah satu jamaah Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin kepada jejakrekam.com, Selasa (4/6/2019) malam.

Begitu pula, Wahyu mengaku sengaja tak mudik tahun ini, karena harga tiket pesawat mahal. Padahal, ia ingin bertemu orangtuanya di Surabaya, Jawa Timur. “Tahun lalu, saya masih bisa merayakan Idul Fitri bersama kedua orangtua, tapi tahun ini saya hanya dengan ibu, karena ayah saya sudah meninggal beberapa bulan lalu,  kata Wahyu.

BACA JUGA : 3 Juni 2019, Hilal Belum Terlihat di Kalsel

Kementerian Agama RI telah menetapkan Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019. Keputusan ini ditetapkan melalui sidang isbat yang digelar pada Senin (3/6/2019) kemarin. Menurut rencana, di Kota Banjarmasin malam ini akan dilangsungkan  pawai takbir keliling yang dilepas Gubernur Kalsel  Sahbirin Noor dengan start di halaman Masjid Sabilal Muhtadin Jalan Jenderal Sudirman.

Kabid Humas Polda Kalsel Kombes Moch Rifa’i  mengimbau kepada umat muslim yang akan mengikuti takbir keliling untuk tidak menggunakan kendaraan roda dua. “Apalagi kendaraan roda dua tersebut menggunakan knalpot racing. Hal ini tentunya akan mengurangi khidmat dari pawai takbir keliling tersebut,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi GS