ACT

Habib Banua Enggan Berlaga, Ada Bambang, Hj Karmila Diprediksi Mencalon Walikota

0 1.320

USAI terisi 45 kursi DPRD Banjarmasin hasil Pemilu 2019, publik ibukota kembali menerka siapa yang akan maju berlaga dalam pemilihan Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin pada suksesi 2020. Meski saat ini, muncul beberapa figur yang mengemuka disebut-sebut sebagai kandidat.

DUET Ibnu Sina-Hermansyah pun diprediksi banyak kalangan bakal pecah kongsi, tidak lagi berpartner seperti di Pilkada 2015 lalu. Bahkan, DPD PKS Banjarmasin memastikan akan mengusung kembali calon petahana, Ibnu Sina, sembari menunggu perkembangan politik sang rival serta kawan koalisi parpol pengusung.

Sedangkan, dari tubuh Partai Golkar memunculkan dua nama Hasnuryadi Sulaiman (anggota DPR RI) dan Hj Ananda (Ketua DPRD Banjarmasin). Bahkan, Ketua DPD Partai Gerindra Banjarmasin HM Yamin memastikan siap maju bertarung di suksesi 2020, jika parpolnya mengusung dan memberi amanah.

BACA : PKS Tetap Usung Ibnu Sina, Bursa Calon Walikota Mulai Mengemuka

Tak hanya itu, beberapa pimpinan partai pun disebut-sebut bakal didampuk mengincar posisi puncak di Balai Kota Banjarmasin, seperti  Bambang Yanto Permono, hingga terakhir Habib Abdurrahman Bahasyim alias Habib Banua, senator DPD RI asal Kalsel yang dipastikan melenggang lagi ke Senayan Jakarta hasil Pemilu 2019.

Seperti mengulang memori Pilwali Banjarmasin 2015 lalu, ketika Habib Banua mendaftarkan diri ke Partai Golkar untuk maju berlaga, apakah itu terulang lagi di suksesi 2020?

Habib Banua belum memberi sinyal bakal maju berlaga di Pilwali Banjarmasin 2020 nanti, meski modal politik cukup kuat. Anggota DPD RI ini mengaku lebih fokus untuk bekerja di lembaga perwakilan daerah itu.

“Habib tidak memikirkan jabatan itu, yang saya pikirkan adalah bagaimana bisa bekerja maksimal buat Banua di DPD RI. Saya rasa masih banyak calon yang mampu dan layak untuk menjadi pemimpin Kota Banjarmasin,” ucap Habib Banua kepada jejakrekam.com, Rabu (29/5/2019).

BACA JUGA : Yamin Siap Maju Calon Walikota, Nama Habib Banua Masuk Bursa

Jebolan Ponpes Darussalam Martapura ini menilai mencuatnya figur-figur yang diprediksi maju di ajang pemilihan walikota-wakil walikota tahun depan akan melahirkan sosok yang mampu membenahi kota seribu sungai lima tahun ke depan.

Sebelumnya, Koordinator Presidium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Kalsel Dr Samahuddin Muharram menilai sosok Habib Banua patut diperhitungkan dalam peta politik Pilwali Banjarmasin 2020 nanti. Ini karena, Habib Banua memiliki modal sosial tinggi, karena tercatat selalu berada di deretan atas peraih suara terbanyak dalam perebutan kursi senator dengan raihan suara di atas 250 ribu dukungan.

BACA LAGI : Ini 10 Besar Pendulang Suara Terbanyak DPRD Kalsel, Caleg Golkar H Rusli Teratas

Sementara itu, aktivis JaDI Kalsel, Khairiadi Asa justru memprediksi peraih suara terbanyak Partai Amanat Nasional (PAN) di Banjarmasin Hj Karmila, justru bakal didorong mantan Walikota H Muhidin untuk maju bertarung di suksesi 2020.

“Saya yakin 80 persen, Hj Karmila yang merupakan putri H Muhidin didorong untuk dicalonkan sebagai walikota pada Pilkada 2020, karena PAN merupakan parpol pemenang Pemilu 2019 di Banajarmasin,” kata mantan anggota KPU Barito Kuala.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor DidI GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.