Bayar THR 11.451 PNS, Bakeuda Kalsel Kucurkan Dana Rp 50,3 Miliar

0

KABAR gembira datang dari Badan Keuangan Daerah (Bakueda) Provinsi Kalimantan Selatan. Terhitung pada Jumat (24/5/2019) lalu, telah dicairkan gaji bulan plus tunjangan hari raya (THR) bagi 11.451 pegawai negeri sipil (PNS) yang bekerja di Pemprov Kalsel.

TOTAL dana yang dikeluarkan Bakueda Provinsi Kalsel mencapai Rp 50,3 miliar untuk pembayaran THR bagi 11.451 PNS.

“Pencairan THR ini sudah sesuai dengan petunjuk teknis dari kepala daerah. Payung hukumnya mengacu ke Peraturan Gubernur Kalsel,” ucap Kepala Bakeuda Provinsi Kalsel, Aminuddin Latif kepada jejakrekam.com di Banjarbaru, Rabu (29/5/2019).

BACA : THR Guru Honorer Banjarmasin Cair, Disiapkan Anggaran Rp 1,7 Miliar

Rinciannya, sebut Aminuddin, besaran gaji yang diterima PNS pada bulan April ditambah tunjangan jabatan, tunjangan kinerja dan tunjangan keluarga. “Sedangkan, THR keagamaan diberikan secara non tunai. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 58 Tahun 2019,” ucap mantan Sekretaris DPRD Kota Banjarmasin ini.

Dia menjelaskan besaran THR yang diberikan adalah satu kali gaji pokok. Nilai total alokasi anggarannya mencapai Rp 50,3 yang diperuntukkan bagi sekitar 11.451 orang  Aminuddin mengatakan THR dibayarkan untuk memberikan kesejahteraan PNS memenuhi kebutuhannya saat lebaran Idul Fitri 1440 Hijriyah. “Sesuai aturan, THR harus dibayarkan paling lambat 10 hari sebelum tanggal hari raya,” ucapnya.

BACA JUGA : Pembelian Emas Diprediksi Meningkat Setelah Pembagian THR

Masih menurut Aminuddin, THR yang diberikan bagi ASN atau PNS Pemprov Kalsel itu termasuk pula di dalamnya 5.165 Guru SMA sederajat di 13 kabupaten dan kota se-Kalsel.

“Uangnya kemarin ditransfer ke masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kalsel. Sedangkan, untuk tenaga honorer tidak disebutkan dalam PMK tersebut, sehingga kebijakannya masing-masing diserahkan ke SKPD yang bersangkutan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.