Rusunawa Muara Kelayan Segera Dilengkapi Taman dan Pagar

0

SUDAH rampung 100 persen termasuk perabot di dalamnya telah tersedia di rumah susun sewa (rusunawa) di Jalan Teluk Kelayan, Kelurahan Kelayan Luar, Banjarmasin Selatan. Di kawasan Muara Kelayan telah berdiri kokoh bangunan yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

KEPALA Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Banjarmasin Ahmad Fanani Saifuddin mengakui jatah pembangunan rusunawa di Muara Kelayan dari pemerintah pusat itu telah rampung.

“Agar kawasan rusunawa di Muara Kelayan itu menjadi asri, tentu kewajiban bagi pemerintah kota untuk segera memasang pagar dan membangun taman,” kata Ahmad Fanni Saifuddin kepada jejakrekam.com, Selasa (28/5/2019).

BACA : Tempat Tidur dan Sofa Tersedia, Rusunawa Muara Kelayan Belum Bisa Beroperasi

Ia mengakui untuk penyiringan seberang jembatan kayu di kawasan PD PAL hingga melewati rusunawa Muara Kelayan akan ditangani Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, dengan syarat lahan itu sudah bisa dibebaskan pemerintah kota.

“Ini bentuk kolaborasi pemerintah kota dengan pemerintah pusat. Jadi, pagar dan taman akan dibangun pemerintah kota, rusunawa dibangun Kementerian PUPR, dan penyiringan akan ditangani Balai Wilayah Sungai Kalimantan II,” papar mantan Kepala Dinas PU Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) ini.

Ia mengungkapkan penyiringan sepanjang kawasan Muara Kelayan, akan sejalan dengan rencana pembangunan museum milik pemerintah kota. Berikutnya, Balai Wilayah Sungai Kalimantan II akan membuat pile slab untuk penyeberangan dari museum yang bisa ditembuskan ke RSUD Sultan Suriansyah.

“Memang, rusunawa sudah rampung termasuk perabotan di dalamnya, namun belum bisa ditempati karena belum ada penyerahan dari pemerintah pusat ke Pemkot Banjarmasin. Kendala yang masih ada belum tersedia jaringan air bersih PDAM Bandarmasih ke rusunawa itu,” tutur Fanani.

BACA JUGA : Proyek Belum Rampung, Sudah Ada ‘Titip Nama’ di Rusunawa Muara Kelayan

Namun, menurut dia, saat ini tengah dalam proses pemasangan jaringan air leding oleh PDAM Bandarmasih untuk menjangkau bangunan bertingkat empat di Muara Kelayan. Tak hanya itu, Pemkot Banjarmasin juga merencanakan membangun rusunawa di eks lahan Kantor Balai Karatina Pertanian milik Kementerian Pertanian RI di Jalan PM Noor, Pelambuan, Banjarmasin Barat.

Lahan itu sudah resmi dihibahkan ke Pemkot Banjarmasin dilakukan Kepala Balai Karatina Pertanian Drh H Achmad Gozali dengan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina di rumah jabatan walikota, Jalan Dharma Praja, Jumat (24/5/2019).

Lahan yang dihibahkan itu seluas 7.000 meter persegi atau dua persil tanah senilai Rp 15 miliar. Rencananya di atas lahan ini akan dibangun rusunawa untuk mengakomodir warga kota yang belum memiliki rumah yang layak huni.(jejakrekam)

 

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.