Kartu Identitas Anda Kotor dan Patah, Ada Kasmadi yang Siap Mereparasi

0

ANDA ingin membersihkan KTP, SIM, kartu tanda anggota (KTA), kartu kredit dan kartu debit (ATM), cukup membayar Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu, sudah bersih. Sebab, biasanya kartu penting yang ada di dompet itu, rusak atau kotor bahkan terlihat tergores akibat gesekan.

JANGAN khawatir, ada Kasmadi (58 tahun), warga Handil Malintang, Gambut, Kabupaten Banjar ini bisa membersihkan kartu-kartu yang tak lepas dari kehidupan manusia modern itu. Tiap akhir pekan, Kasmadi membuka lapak bermodal peralatan sederhana di sekitar pasar loakan atau Pasang Tungging Pasar Lima Harum Manis Banjarmasi.

Menurut Kasmadi, peluang jasa membersihkan KTP, kartu ATM dan kartu kredit serta kartu identitas lainnya jarang digarap orang, sehingga dirinya pun berpikir bisa dijadikan usaha menghasilkan rupiah.

“Untuk membersihkan KTP serta kartu lainnya, jasanya cuma Rp 5 ribu. Bisa juga harganya Rp 10 ribu tergantung kotor atau rumit tidaknya membersihkan kartu identitas itu,” ucap Kasmadi kepada jejakrekam.com, Minggu (26/5/2019).

BACA : Bawa Fotokopi KTP dan KK, Antrean Mengular Demi Dapatkan Gas Melon

Jika dilapisi anti gores apakah KTP, kredit atau kartu ATM menambah biaya lagi Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu per kartu. Menurut Kasmadi, anti gores yang dipasang seperti ponsel.

Tertarik menggeluti bisnis jasa pembersihan kartu identitas, Kasmadi mengaku sudah enam bulan lamanya, usai berhenti bekerja sebagai karyawan kontrak perusahaan kayu lapis. Ia mengaku memilih keliling pasar, seperti pada akhir pekan di kawasan Pasar Harum Manis. Bisa juga di Pasar Ulin Banjarbaru.

BACA JUGA : Dinyatakan Invalid, Puluhan Ribu e-KTP Warga Banjarmasin Dibakar

“Ya, alhamdulillah, dari usaha ini, bisa bawa pulang uang Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu. Semua tergantung banyak tidaknya kartu yang harus dibersihkan dan dilapisi anti gores,” tutur Kasmadi.

Karim, pengguna jasa pembersih KTP mengaku senang dengan usaha digeluti Kasmadi. Termasuk, mereparasi KTP atau kartu identitas yang rusak. Menurut dia, awalnya KTP tidak terbaca, namun begitu dibersihkan bisa terang kembali layaknya baru. “Bahkan, Pak Kasmadi tak hanya membersihkan, juga bisa menyambungkan KTP yang patah asalkan ada sisa bagian yang patah,” ucap warga Alalak Banjarmasin ini.(jejakrekam)

 

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2019/05/27/kartu-identitas-anda-kotor-dan-patah-ada-kasmadi-yang-siap-mereparasi/
Penulis Sirajuddin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.