Empat Nama Pengisi Kursi Pimpinan DPRD Banjarmasin Beredar

FORMASI empat kursi pimpinan DPRD Kota Banjarmasin hampir dipastikan akan jadi jatah empat parpol. Pemenang Pemilu 2019 di ibukota Provinsi Kalimantan Selatan adalah Partai Amanat Nasional (PAN), disusul Partai Gerindra, PDI Perjuangan dan Partai Golkar.

LANTAS siapa yang akan ditunjuk PAN sebagai Ketua DPRD Banjarmasin periode 2019-2024? Dua nama saat ini menguat adalah H Faisal Hariyadi, peraih suara terbanyak 6.825 suara di dapil Banjarmasin Tengah. Tak hanya itu, Faisal juga Sekretaris DPW PAN Kalimantan Selatan. Selain figur ini, nama Ketua DPD PAN Banjarmasin Harry Wijaya yang juga menantu Ketua DPW PAN Kalsel H Muhidin.

Sementara untuk jatah kursi Wakil Ketua DPRD Banjarmasin periode 2019-2024 dari Partai Gerindra, tersebut nama sang ketua HM Yamin. Calon petahana ini diprediksi akan mengisi posisi pimpinan dewan.

BACA : Kecuali PAN, Wajah Lama Mendominasi Caleg Terpilih DPRD Banjarmasin

Menarik adalah di PDI Perjuangan. Nama Muhammad Nasir yang merupakan Sekretaris DPC PDIP Banjarmasin dari dapil Banjarmasin Selatan, disebut sangat layak mengisi posisiitu. Meski, ada pula nama Saut Nathan Samosir, pengusaha ekspedisi yang juga masuk jajaran pengurus DPD PDIP Kalsel menjadi rivalnya.

Di Partai Golkar juga menghangat. Nama Sekretaris DPD Partai Golkar Banjarmasin Matnoor Ali, selaku peraih suara terbanyak di beringin, justru bisa mengalahkan suara pribadi sang ketua, Hj Ananda yang kini masih menjabat Ketua DPRD Banjarmasin pengganti Iwan Rusmali.

Ketua DPC PKB Banjarmasin Hilyah Aulia mengakui gara-gara selisih suara sedikit, sebenarnya PKB bisa merebut jatah kursi pimpinan DPRD Banjarmasin hasil Pemilu 2019. Tak hanya PKB, PPP juga harus merelakan posisinya direbut parpol lain, karena hanya meraup dua kursi di pemilu kali ini.

“Memang, jika Pemilu 2014 lalu, PKB masuk daftar peraih kursi dan suara terbanyak, hingga kursi pimpinan DPRD Banjarmasin bisa ditempati kader kami. Namun, karena hasil Pemilu 2019, raihan kursi kami kalah dengan tiga parpol lainnya,” ucap Hilyah Aulia kepada jejakrekam.com, belum lama tadi.

BACA JUGA : Jadi Jawara, Kursi Ketua DPRD Banjarmasin Dipastikan Milik PAN

Namun, Hilyah menyebut nama-nama yang beredar sebagai pengisi kursi pimpinan DPRD Banjarmasin sudah mencuat, seperti PAN terdapat nama Faisal Hariyadi dan Harry Wijaya sebagai kandidat ketua dewan. “Yang pasti, PKB bisa membentuk satu fraksi di DPRD Banjarmasin dengan lima kursi raihan dari setiap dapil,” tandasnya.

Lantas bagaimana dengan Faisal Hariyadi? Sekretaris DPW PAN Kalsel ini enggan mengomentari soal siapa yang akan dipercaya H Muhidin sebagai Ketua DPRD Banjarmasin.

“Itu ranahnya kedaulatan partai. Jadi, mekanisme penentuan Ketua DPRD Banjarmasin hasil Pemilu 2019 akan ditentukan partai. Apakah nanti soal peraih suara terbanyak atau mereka yang duduk di struktur partai,” kata Faisal.

BACA LAGI : Dianggap Sering Bolos Persidangan, Citra Legislator DPRD Banjarmasin Makin Terkikis

Ketua Komisi IV DPRD Banjarmasin ini mengatakan sesuai mekanisme, soal siapa yang dipilih jadi ketua dewan akan diputuskan DPW PAN dan mendapat persetujuan dari DPP PAN. “Karena tidak ada aturannya, apakah berdasar peraih suara terrbanyak, atau pengalaman di parlemen. Semua pasti akan ditimbang partai,” cetus Faisal.

Mantan Ketua DPD PAN Banjarmasin ini menegaskan akan menerima apapun yang akan menjadi keputusan siapa yang paling layak mengisi kursi Ketua DPRD Banjarmasin periode 2019-2024. (jejakrekam)

 

Penulis Arpawi
Editor Didi GS