Aksi Rusuh di Jakarta Jangan Sampai Menimbulkan Gejolak Hingga ke Daerah  

0

SEJUMLAH mahasiswa di Kalimantan Selatan (Kalsel) menyatakan keprihatinannya atas peristiwa kerusuhan hingga menimbulkan korban jiwa pada aksi Kedaulatan Rakyat 21-22 Mei lalu di Jakarta.

KEPRIHATINAN itu disuarakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) sejumlah perguruan tinggi di Kalsel dalam Forum Diskusi Pernyataan Keprihatinan Mahasiswa terhadap kerusuhan 21-22 Mei Jakarta, Sabtu (25/5/2019) di depan Balai Kota Banjarmasin.

Ketua DEMA Universitas NU Kalsel, Pratama mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk keprihatinan mahasiswa di Kalsel atas peristiwa aksi massa yang menimbulkan korban jiwa. Pihaknya meminta semua menahan diri demi menjaga kondisi keamanan dan kedamaian bangsa ini.  “Kami meminta semua pihak terutama elit politik dapat menyelesaikan masalah dengan bijak demi menjaga persatuan dan kesatuan,” tuturnya.

BACA: Pasca Pemilu, Kapolda Minta Masyarakat Terus Jaga Persatuan dan Kerukunan

Menurut dia, upaya penyelesaian sengketa Pilpres antara kubu 01 dan 02 melalui jalur konstitusional di Mahkamah Konstitusi (MK) diharapkan dapat menjadi solusi terbaik dan apapun hasilnya diterima semua pihak. Peristiwa rusuh Jakarta ini jangan sampai menimbulkan gejolak di daerah lain seperti Kalsel.

Sementara itu, Ketua BEM ASMI Banjarmasin, M Fauzi Rahman menambahkan, mahasiswa dan masyarakat patut prihatin atas kerusuhan yang terjadi di Jakarta.  “Kami ikut prihati karena aksi tersebut menimbulkan korban jiwa terlebih dalam suasana ramadhan,” ujarnya.

Forum diskusi mahasiswa Kalsel ini menghasilkan lima poin gerakan keprihatinan yaitu  berharap agar proses berbangsa dan bernegara tetap berjalan normal, mendukung gerakan civil sosiety untuk menyampaikan aspirasi melalui jalur konstitusi yang dilindungi undang-undang. Mengutuk keras peristiwa kerusuhan di Jakarta dan daerah lain di Indonesia. Meminta aparat penegak hukum menindak tegas dan tidak pandang bulu terhadap perusuh dan pembuat keonaran serta menghimbau semua pihak untuk menciptakan suasana damai dan persatuan.

Kegiatan yang dibarengi acara buka puasa bersama ini diakhiri dengan doa agar Indonesia aman dan damai. Mahasiswa yang hadir dalam diskusi ini antara lain Universitas NU Kalsel Kabupaten Banjar, ASMI Banjarmasin dan Poltek Hasnur Kabupaten Barito Kuala.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.