KPU Balangan Siapkan Pembelaan, Sidang Bawaslu Dikawal 20 Polisi

SIDANG pelanggaran administrasi pemilu yang digelar majelis Bawaslu Kabupaten Balangan di Gedung Mayang Maurai dikawal ketat aparat kepolisian. Sidang yang mempertemukan DPC PDI Perjuangan Balangan dengan KPU dan PPK saling berhadapan ini berjalan aman, Kamis (23/5/2019)

KUASA hukum Ketua KPU Balangan, Januar Hapriansyah memastikan akan menjawab poin-poin keberatan yang diajukan pelapor DPC PDIP Balangan ke Bawaslu melalui tim hukumnya, Ali Murtadlo.

“Kami akan tanyakan soal surat kuasa kepada pelapor dari jajaran parpol. Kemudian, substansi laporan yang sudah melewati tahapan, dan lainnya. Ini inti dari materi pembelaan kami dalam sidang pelanggaran administratif di Bawaslu Balangan,” ucap Januar Hapriansyah kepada awak media di Paringin.

BACA : PDIP Minta Bawaslu Balangan Rekomendasikan Penghitungan Ulang TPS Bermasalah

Tak hanya diadukan di Bawaslu Balangan, Januar menegaskan pihaknya siap menghadapi laporan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), jika pelapor DPC PDIP Balangan tak puas dengan proses yang ada. “Intinya, kami selalu siap menghadapinya,” tegas Januar.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Balangan , Rosmelyanoor mengatakan sidang pelanggaran administarif pemilu yang menghadapkan pelapor dan terlapor sudah sesuai dengan Perbawaslu 8 Tahun 2018. “Kalau ada laporan, maka Bawaslu wajib menggelar sidang administrasi. Termasuk, pemeriksaan para saksi,” katanya.

Ia menegaskan jika memang ada pelanggaran administrasi seperti dituduhkan pelapor kepada terlapor, maka ada rekomendasi perbaikan administrasi. “Untuk saat ini, hasilnya belum karena masih dalam proses pemeriksaan di sidang. Nanti, dari fakta dan alat bukti terungkap dalam persidangan, baru kami akan keluarkan rekomendasi,” tandasnya.

BACA JUGA : Muat Kritik Jalan Rusak, Baliho Prabowo-Sandi Ditegur Bawaslu Balangan

Terpisah, Kapolres Balangan AKBP Moh. Zamroni melalui Kabag Ops Polres Balangan AKP Irwan Kurniadi, mengungkapkan pelaksanaan sidang perdana di Gedung Mayang Maurai itu, pihaknya mengamankan secara ketat selama persidangan.

“Kami libatkan sebanyak 20 personel untuk mengamankan sidang. Alhamdulillah, hingga tuntas, sidang hari ini semua berjalan kondusif,” ujarnya.(jejakrekam)

 

Penulis Gian
Editor Didi GS