Guna Kelancaran, Pemudik Diharapkan Jangan Datang Lebih Awal ke Pelabuhan Trisakti

0

GUNA kelancaran dan kekondusifan arus mudik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, pemudik diharapkan untuk tidak datang lebih awal di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

CEO PT Pelindo III Cabang Banjarmasin, Boy Robianto mengungkapkan, idealnya kedatangan pemudik ke Pelabuhan Trisakti Banjarmasin adalah 2 hingga 4 jam sebelum jadwal keberangkatan kapal.

“Jangan malah datang 1 atau 2 hari sebelumnya.  Selain untuk menjaga kelancaran dan kekondusifan arus mudik di terminal penumpang, ini juga sebagai langkah antisipasi agar pemudik tidak terlalu lama menunggu bahkan sampai bermalam di pelabuhan,” katanya.

BACA: Mudik Lewat Kapal Laut Diprediksi Melonjak, KSOP Banjarmasin Bersiap

Ia pun mengklaim untuk infrastruktur Pelabuhan Trisakti Banjarmasin sudah siap untuk menghadapi lonjakan pemudik yang mulai terjadi secara bertahap sejak H-15 lalu.

Bahkan, kata dia, untuk ruang tunggu penumpang sudah dipersiapkan berbagai fasilitas pendukung yang lengkap, mulai dari WC, Mushalla hingga posko keamanan dan kesehatan agar dapat melayani pemudik selama menunggu jadwal keberangkatan di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

“Kalau digabung luar dan dalam kapasitasnya cukup menampung sampai 1.000 penumpang lebih. Estimasi kita rata-rata pemudik yang datang tiap harinya maksimal sebesar 700 penumpang, jadi dengan kapasitas tersebut saya pikir cukup untuk menampung arus mudik,” tuturnya.

BACA JUGA: Jelang Mudik Lebaran, Harga Tiket Kapal Laut Dipastikan Naik

Berdasarkan data yang dihimpun dilapangan H-15 sampai H-14 penumpang yang mudik melalui Pelabuhan Trisakti Banjarmasin jumlahnya sudah mencapai 960 orang. Sementara penumpang yang turun dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dari Surabaya sebanyak 414 orang.

Jika ditotal jumlah penumpang yang turun dan naik mencapai 1.334 orang. Jumlah ini meningkat 895 orang dibanding tahun lalu, karena pada Tahun 2018 lalu H-15 sampai H-14 jumlah penumpang yang turun dan naik hanya sebesar 439 orang.

“Kami prediksi untuk Tahun ini kenaikan jumlah pemudik mencapai 10-15 persen. Kenaikan ini sendiri salah satunya dipacu oleh naiknya harga tiket pesawat dan kebijakan bagasi berbayar oleh maskapai penerbangan,” jelasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.