Datangkan Pelatih Andal, Desa Darussalam Diplot Sentra Kerajinan HSU

0

DESA Darussalam, Kecamatan Danau Panggang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), menjadi tempat lokalatih pengembangan kerajinan anyaman purin dan kain sasirangan alami, Rabu (22/5/2019).

PELATIHAN ini digelar dalam rangka untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat di sekitar kawasan gambut. Dalam acara lokalatih pengembangan kerajinan anyaman dan kain sasirangan alami ini diikuti sekitar 28 orang yang di antaranya ibu-ibu dari Batola, Hulu Sungai Selatan dan Hulu Sungai Utara serta anak-anak dari SMK.

Perwakilan dari Badan Restorasi Gambut RI, Apriyanto mengungkapkan Desa Darusalam dipilih menjadi tempat lokalatih karena pontensi yang sangat besar sekali terkait dengan serat alam (purun, rotan dan eceng gondok).

“Di desa ini sudah terdapat beberapa kerajinan yang baik. Namun ingin ditingkatkan lagi agar produk di desa ini dapat mempunyai nilai yang lebih tinggi” kata Apriyanto.

BACA : Mengembalikan Pewarna Alami Sasirangan Demi Mempertahankan Tradisi

Dengan mendatangkan beberapa pelatih yamg sudah biasa mengajarkan terkait dengan serat alam atau pewarna alami, Apriyanto berharap para pengrajin bisa menggunakan pewarna alami atau serat alam.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten HSU Hj Anisah Rasyidah menambahkan dalam pembuatan kain sasirangan agar tidak terikat lagi dari bahan kimia. “Makanya, para pengrajin diajarkan agar bisa memanfaatkan bahan-bahan di sekitar atau yang di sebut bahan alam,”  ucap Anisah.

BACA JUGA : Hidupkan Kain Sarigading, Pelajar di Amuntai Dilatih Sasirangan Pewarna Alam

Istri Bupati HSU H Abdul Wahid HK ini berharap dalam pelatihan ini bisa mengasah kemahiran masyarakat, agar menciptakan produk yang berkualitas. Sasarannya, agar kain sasaringan bisa bersaing di tingkat nasional maupun internasional. “Jika produk kualitas, tentu akan menambah nilai ekonomis sasirangan. Hasilnya, bisa meningkatkan perekonomian pengrajin,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.