Cek Ruangan Baru RSUD Muara Teweh, Bupati Barito Utara Minta Segera Dioperasikan

0

USAI diresmikan pada 2 Januari 2018 lalu, Gedung Baru Wing A RSUD Muara Teweh kini telah ditempati para pasien yang menjalani perawatan. Direncanakan, pada akhir tahun ini, lantai 2, 3 dan 5 di gedung baru RSUD Muara Teweh akan kembali dioperasionalkan untuk pelayanan kesehatan warga Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito itu.

GUNA mengecek kesiapan dan fasilitas ruangan yang akan dioperasionalkan, Bupati Barito Utara H Nadalsyah pun meninjau langsung ke lokasi, Jumat (17/4/2019). Bupati Barito Utara didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara Jainal Abidin, para asisten, Plt Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara Siswandoyo dan Direktur RSUD Muara Teweh, Dwi Agus Setijowati, kontraktor dan tim teknis Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Barito Utara.

Beberapa ruangan pun dicek Bupati Nadalsyah. Di antaranya di lantai 5, ruang opname melati dan anggrek yang diperuntukkan untuk pasien penyakit dalam wanita. Berlanjut ke ruang asoka ginekologi yang telah siap untuk digunakan nantinya. Berlajut ke lantai 4, ruang mawar untuk perawatan anak dan ruang teratai untuk perawatan bedah pria.

“Saya minta agar pengaturan saluran pembuangan air ditinjau lagi, harus diorganisir agar tak terjadi rembesan di mana-mana,” ucap Bupati Nadalsyah.

BACA : Digelontor Dana Rp 25 Miliar, Komisi C DPRD Kalteng Pantau RSUD Muara Teweh

Usai dari lantai 5 dan 4, rombongan mengecek lantai 3 terdapat ruang PICU, ICU, ICCU dan ruang hemodialisa (HD) yang merupakan ruangan khusus untuk terapi cuci darah. Untuk itu, Nadalsyah kembali mengingatkan agar operasional ruangan baru harus dimaksimalkan seluruhnya, baik aspek teknis, kesiapan alat maupun tenaga medisnya.

“Dengan begitu, nanti memudahkan bagi masyarakat Barito Utara dan sekitarnya yang memerlukan pengobatan lebih instensif. Jadi, tidak perlu harus menempuh jarak berjam-jam yang mana akan menguras waktu, materi dan kesehatan,” tegas Nadalsyah.

Menurut dia, RSUD Muara Teweh telah disiapkan baik sarana maupun prasarana hingga pelayanan medis yang bisa mencover masyarakat untuk berobat akan dilengkapi beberapa alat dan ruang kesehatan khusus.

BACA JUGA : Meski Bertipe C, Peralatan Medis RSUD Muara Teweh Sudah Tipe B

Tak cukup hanya mengecek lokasi, Nadalsyah juga berdialog dengan para pasien dan keluarga pasien mengenai pelayanan RSUD Muara Teweh. Dia juga mendoakan agar para pasien diberi kesembuhan. Kepada Direktur RSUD Muara Teweh, Nadalsyah mengingatkan agar pelayanan yang diberikan harus maksimal dan optimal.

BACA LAGI : Klaim Belum Dibayar BPJS Kesehatan, RSUD Muara Teweh Harus Putar Otak

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara Siswandoyo memastikan dalam waktu dekat akan segera dioperasionalkan RSUD Muara Teweh. Saat ini, tinggal dua ruang yang belum beroperasi yakni cath laboratorium dan HD. Untuk ruang cath lab untuk pelayanan kateter jantung dan angiografi yang berada di lantai 2.“Insya Allah, tahun ini semua selesai,” tegasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Syarbani
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.